Modifikasi Jembatan Mataraman II Malang Menggunakan Struktur Gelagar Beton Bertulang

Dita Kamarul Fitriyah

Abstract


Jembatan Mataraman II yang terletak di Kabupaten Malang memiliki panjang ± 40,8 m dengan lebar ± 11m. Jembatan ini semula didesain dengan standar bangunan atas tipe precast concrete I girder, metode girder precast, metode ini direkomendasikan pada jembatan Mataraman II, karena ekonomis, memperpendek waktu konstruksi dan workability. Jembatan eksisting ini didesain dengan tinggi I girder 1700 mm yang memiliki mutu beton precast concrete I girder K-500 (f’c 415 kg/cm2). Metode jembatan beton bertulang direkomendasikan pada jembatan ini, karena kriteria jembatan Mataraman II ini merupakan jembatan bentang pendek, sehingga jembatan beton bertulang cocok diterapkan dalam kasus ini. Selain itu juga, material yang digunakan memiliki sifat tahan lama, lebih ekonomis, dan mudah pemeliharaannya. Jembatan ini didesain dengan membangun abutment baru yang berjarak ± 2m dari abutment lama dikarenakan agar tidak mengganggu lebar mulut sungai, sehingga panjang jembatan menjadi 44,80m. Dikarenakan panjang jembatan > 25m maka kurang efektif dalam penggunaan gelagar beton bertulang, oleh karena itu direncanakan pilar yang berjarak ± 10m dari rencana abutment baru. Perencanaan abutment direncanakan dengan didukung pondasi sumuran, dikarenakan pada kedalaman 4 m - 5 m harga N-SPT didapatkan N > 50 ( tanah keras ).


Keywords


Beton Bertulang, Abutmen, Pilar, Pondasi Sumuran

Full Text:

PDF

References


Onding, Julfrenly & Sjachrul, Balamba & Sompie, Berty & Sarajar, A.N. (2013). Analisis Kestabilan Pondasi Jembatan Strudi Kasus : Jembatan Essang-Lalue. Sam Ratulangi University.

Bridge Management System (BMS). (1992). Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan (Bridge Design Code). Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Program Jalan. Jakarta.

Supriyadi, B. Muntohar, A.S. (2000). Jembatan (edisi pertama). Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady., (2015). Analisis dan Perancangan Fondasi I, Penerbit Gadjah Mada University Pres, Edisi ke-tiga,Yogyakarta.

Das, B. M., (1995). Mekanika Tanah I (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis), Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v4i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats