ANALISA PENGARUH VARIASI TUMBUKAN PADA LAPISAN ASPAL AC-BC TERHADAP NILAI STABILITAS DAN FLOW

Nadhifha Aprillia Zahara, Ignalia Kurniawati, Aulia Dewi Fatikasari

Abstract


Jalan merupakan sarana dan prasarana yang sangat penting dalam suatu system transportasi untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat lain dalam rangka pemenuhan kebutuhan sosial, budaya dan ekonomi. Suatu kondisi jalan yang baik, diperlukan adanya kelancaran kegiatan transportasi supaya mempercepat kelancaran mobilisasi barang dan jasa secara aman dan nyaman. Faktor penyebab terjadinya kerusakan jalan beraspal yaitu jumlah passing pemadatan yang tidak sesuai dengan perencanaan. Dalam pelaksanaan perkerasan jalan dapat terjadi perbedaan tebal perkerasan dikarenakan cara dan jumlah passing yang berbeda yang akan mempengaruhi kualitas jalan. Maka perlu dikaji tentang pengaruh variasi jumlah tumbukan pada lapisan aspal AC-BC. Penelitian ini dilakukan di laboratorium PT.Dua Putri Kedaton yang berlokasi di Pamekasan. Dalam penelitian ini variasi tumbukan campuran aspal yang digunakan  2x68 dan 2x75 dengan menggunakan kadar aspal 5,8%, kemudian hasilnya dibandingkan dengan menggunakan parameter stabilitas dan flow yang mengacu pada Spesifikasi Bina Marga 2018 revisi 2. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jumlah tumbukan pada lapisan aspal AC-BC terhadap nilai stabilitas dan flow. Dari hasil pengujian tersebut didapatkan nilai stabilitas terendah pada variasi tumbukan 2x68 sedangkan nilai stabilitas tertinggi pada variasi tumbukan 2x75. Dari hasil pengujian flow menunjukkan semakin bertambahnya tumbukan maka semakin tinggi nilai flow.

Keywords


AC-BC, Tumbukan, Stabilitas, Flow

Full Text:

PDF

References


Irwanto, TJ., Setiawan, A., Mukti, MH. (2022). The Utilisation of Waste Bamboo Shells as A Filler in The ACWC Mixture on Marshall Characteristics. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research.

Sebayang, N., Setyobudiarso, H., Setiawan, A. (2019). The Selection Aspects Between Cold And Hot Asphalt In Road Rehabilitation Preservation Work. QIS College of Engineering and Technology Ongole: International Journal of Scientific & Technology Research

Kementrian Pekerjaan Umum. (2020). Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Revisi 2. Jakarta: Yayasan Penerbit Pekerjaan Umum.

Susilowati, A dan Wiyono, E (2020). Variasi Jumlah Tumbukan Pada Pemadatan Campuran Beton Aspal Menggunakan Bahan Tambah Anti Stripping. Construction and material journal.

Maulana, AR, Erfan, M., Yudianto, EA.(2021). Pengaruh Variasi Jumlah Tumbukan Pada Campuran Aspal Hrs-Wc Dengan Penambahan Karet Alam (Lateks). e-journal GELAGAR Vol. 3 No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v7i2.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats