ANALISA PENGARUH PERUBAHAN SUHU AKIBAT HUJAN TERHADAP KEPADATAN ASPAL PADA PROYEK JALAN LINGKAR SELATAN SAMPANG MADURA

Yauri Yusuf Munsyi, Achmad Chulbuddin Badghey, Ibnu Sholichin

Abstract


Transportasi merupakan salah satu bagian dari kebutuhan dan kepentingan manusia yang disebabkan adanya perpindahan obyek dari satu tempat ke tempat lain, baik berupa manusia maupun barang yang semakin harinya bertambah. Jalan merupakan prasarana perhubungan darat yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Kondisi jalan yang baik akan memperlancar lalu lintas barang dan jasa. Campuran aspal panas adalah komponen penunjang jalan yang banyak digunakan pada setiap jalan di Indonesia, selain itu Indonesia memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Kedua musim ini berpengaruh pada proses pemadatan campuran panas dilapangan. Dalam pelaksanaan penghamparan campuran panas dilapangan masih banyak dijumpai proses penghamparan dan pemadatan yang tetap dilanjutkan meskipun hujan sehingga banyak sekali dijumpai lapisan campuran aspal yang cepat rusak. Oleh karena itu, penelitian dengan judul “Analisa Pengaruh Perubahan Suhu Akibat Hujan Terhadap Kepadatan Aspal Pada Proyek Jalan Lingkar Selatan Sampang Madura” ditujukan untuk mengetahui karakteristik lapisan campuran aspal panas AC-BC dan kepadatan yang dicapai jika pada saat proses pemadatan terkena air hujan, hasil penelitian ini dapat diketahui lapisan aspal tersebut memenuhi persyaratan minimum spesifikasi teknis perkerasan jalan dan jembatan.

Keywords


Aspal, Hujan, Kepadatan

Full Text:

PDF

References


Irwanto, TJ., Setiawan, A., Mukti, MH. (2022). The Utilisation of Waste Bamboo Shells as A Filler in The ACWC Mixture on Marshall Characteristics. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research.

Irwanto, TJ. (2019). Pengaruh Variasi Suhu Pencampuran Dan Pemadatan Agregat Batu Pecah Madura (Desa Asem Jaran Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang) Pada Campuran Aspal Panas (Hotmix) Asphalt Concrete Wearing Course (ACWC), Terhadap Karakteristik Marshall. PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik.

Tarigan, G. (2018). Pengaruh Temperatur Pemadatan Terhadap Marshall Properties. Buletin Utama Teknik.

Kementrian Pekerjaan Umum. (2020). Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan Revisi 2. Jakarta: Yayasan Penerbit Pekerjaan Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v7i2.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats