Model Prediksi Anggaran Biaya Pemeliharaan Jalan Provinsi Di Kabupaten Sampang

moh haris

Abstract


 Rata-rata Biaya pemeliharaan Jalan Provinsi di Kabupaten Sampang sebesar Rp.786.616.000,- per-kilometer. Faktor Data Historis Kerusakan Jalan, Kondisi Drainase Jalan, Lalu Lintas Harian, data Curah Hujan, Ketrampilan Tenaga Kerja dan Kualitas Material secara simultan memberi pengaruh signifikan terhadap Biaya Pemeliharaan Jalan Provinsi di Kabupaten Sampang yaitu sebesar 75,6%. Dengan Fhitung = 9,820 > Ftabel = 2,59. Variabel pada penelitian ini yang berpengaruh paling dominan terhadap Biaya Pemeliharaan Jalan Provinsi di Kabupaten Sampang adalah faktor Data Historis Kerusakan Jalan dengan koefisien terbesar yaitu 94,65 dan Kondisi Fungsionalitas Drainase Jalan. Strategi yang bisa digunakan dalam meminimalisir Biaya Pemeliharaan Jalan Provinsi adalah strategi jangka panjang yaitu menjaga agar kerusakan jalan tidak sering terjadi dengan salah satu cara paling penting adalah menjaga Drainase Jalan. 


Keywords


Prediksi, Biaya Pemeliharaan, Jalan Provinsi

Full Text:

PDF

References


Bina Marga. (1995). Pedoman Prosedur, SK No. 77/KTPS/db1990. Bina Marga. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik. (1976). Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya, Standard Spesifications for Geometric Design Of Rural Highways, No. 13/1970. Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik. Jakarta.

Putranto, Edi H. D. (2008). Matematika Terapan. Bahan Kuliah tidak diterbitkan. Institut Teknologi Nasional Malang. Malang.

Rahmanto, Cahyo Fajar. (2003). Prediksi Tingkat Kerusakan Jalan untuk Rencana Anggaran Pemeliharaan Jalan Kabupaten. Tesis tidak diterbitkan. Institut Teknologi Nasional Malang. Malang.

Riduwan. (2010) Dasar-dasar Statistika. Alfabeta. Bandung.

Riduwan dan Sunarto. (2010). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Alfabeta. Bandung.

Rudianto. (2005). Metodologi Penelitian. Buku ajar tidak diterbitkan. Institut Teknologi Nasional Malang. Malang.

Somantri, Ating dan Sambas Ali Muhidin. (2006). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Pustaka Setia. Bandung.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bogor.

Sukirman, Silvia. (1992). Perkerasan Lentur Jalan Raya. Penerbit Nova. Bandung:

Suliyanto. (2009). Uji Asumsi Klasik Bahan ajar tidak diterbitkan. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto

Wilujeng, Prihatin. (2008). Model Pembobotan Proiritas Pemeliharaan Jalan (Studi Kasus Proyek Pemeliharaan Jalan di Kota Malang). Tesis tidak diterbitkan. Institut Teknologi Nasional Malang. Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v1i1.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats