KINERJA ANGKUTAN UMUM AG (ARJOSARI - GADANG) PADA MASA PANDEMI COVID-19 KOTA MALANG

Rifky Aldila Primasworo, Andreas Joni

Abstract


Angkutan umum penumpang yang disebut juga sebagai angkutan kota adalah salah satu sarana transportasi yang digunakan untuk melayani aktifitas masyarakat di Kota Malang. Pada saat Pandemi, volume jumlah penumpang pengguna jasa angkotan umum penumpang semakin hari semakin berkurang, namun pada dasarnya angkutan umum penumpang masih dibutuhkan oleh masyarakat Kota Malang dalam melakukan aktifitas sehari hari. Dalam pelayanannya waktu tempuh angkutan umum penumpang jalur AG ± 1 jam dengan jarak tempuh ± 16 km. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan angkutan umum penumpang trayek AG (Terminal Arjosari-Gadang) selama masa pandemi covid-19. Metode analisis data yang dipergunkan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan kuantitatif. Survey yang dilakukan menggunakan survey statis,dinamis dan wawancara atau interview. Hasil penelitian didapatkan bahwa Parameter kinerja lalu lintas yang perlu ditingkatkan selama pandemi covid-19 meliputi frekuensi angkutan umum, jumlah kendaraan yang beroperasi, waktu pelayanan (awal dan akhir waktu pelayanan).


Keywords


angkutan umum, kinerja, pandemi

Full Text:

PDF

References


Asikin, Muslich Zainal.2001. Sistem Manajemen Transportasi Kota. Yogyakarta : Penerbit UGM.

Undang – undang No. 22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK. 678/AJ. 206/DRJD/2002. Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum Penumpang Umum Diwilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,(2002), Pedoman Teknis Penyelengaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan dalm Trayek Tetap dan Teratur.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (2002), Panduan Pengumpulan Data Angkutan Umum Perkotaan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,(1996), Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan dalam Trayek Tetap dan Teratur.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, (1995), Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertip.

Morlok, E.K,(1978), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan oleh Johan Kelanaputra Hainim 1985. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Nasution, H.M.N., (2008), Manajemen Transportasi, Ghalia Indonesia, Jakarta. Tamin, O.Z, (1997), Perencanaan dan Permodelan Transportasi, penerbit ITB, Bandung.

Warpani, Suwardjoko. (2002), Pengolahan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Penerbit ITB, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/rjrs.v5i2.1024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Rekayasa: Jurnal Teknik Sipil is indexed by:

google.png

View My Stats