Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Telur Ayam Ras di Pasar Tradisional Kabupaten Majene

Suhartina Suhartina, Irma Susanti S, Rahmawati Ning Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut telur ayam ras di pasar tradisional Kabupaten Majene. Atribut yang diteliti meliputi harga, ukuran, ketebalan cangkang, warna telur, kebersihan, dan pori-pori telur. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan teknik survei. Data primer diperoleh melalui kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan konsumen aktif di beberapa pasar tradisional. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji Chi-Square dan multiatribut Fishbein. Uji Chi-Square menghasilkan nilai χ²hitung sebesar 13,48366 lebih besar dari χ²tabel sebesar 11,0705 dengan p-value 0,019244, yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara atribut produk dan preferensi konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki sikap positif terhadap telur ayam ras. Berdasarkan analisis model Fishbein, nilai total sikap konsumen (Ao) terhadap produk adalah 92,57, yang mencerminkan tingkat penerimaan yang tinggi terhadap atribut-atribut telur ayam ras. Atribut kebersihan memperoleh skor tertinggi (bi × ei = 17,54), diikuti oleh ketebalan cangkang, harga, dan ukuran. Temuan ini sejalan dengan teori perilaku konsumen dan hasil penelitian terdahulu yang menekankan pentingnya atribut fisik dan harga dalam memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas dan strategi pemasaran produk telur ayam ras sesuai dengan kebutuhan konsumen lokal.

Full Text:

PDF

References


Abiyani, E. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras di Kabupaten Magetan Pada Tingkat Rumah Tangga. Journal of Economics and Social Sciences (JESS), 1(1), 11–22. https://doi.org/10.59525/jess.v1i1.98.

Arif, M., Kadir, S., & Abdullah, A. (2014). Faktor-faktor yang memengaruhi jumlah pembelian telur ayam ras di Pasar Terong, Kota Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 1(2), 105–124. https://doi.org/10.24252/jiip.v1i2.1527:contentReference[oaicite.

De Ketelaere, B. De Reu, K., & Vermeir, S.. (2018). Egg Quality: Consumer Preferences and Measurement Techniques. CRC Press., (hal. 1–14).

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. (2021). Pangan Hewani: Telur Ayam Ras dan Manfaatnya dalam Peningkatan Gizi Masyarakat. Jakarta: Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th ed. New York, Amerika Serikat: Pearson Education.

Krisnaningsih, A. T. Kusumawati, E. D., Hadiani, D. P. P., & Bagus, M. K. (2024). Kualitas Internal Telur Ayam Ras yang Berasal dari Pasar Tradisional pada Berbagai Lama Penyimpanan. Jurnal Ilmiah Peternakan Halu Oleo, 6(3), 246–252. https://doi.org/1.

Kumolo, A. B. Budiraharjo, K., & Prastiwi, W. D. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan telur ayam ras pada rumah tangga di Kota Semarang. MAHATANI: Jurnal Agribisnis, 5(2), 89–102.

Marufi, F. A. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Telur Ayam Ras dengan Tingkat Pendidikan Sebagai Variabel Moderasi. Surabaya: Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel .

Mutiar, S. Arziyah, D., & Anggia, M. (2023). Karakteristik kualitas telur komersial berdasarkan eksterior dan interior dari berbagai jenis telur. Gontor Agrotech Science Journal, 8(3), 130–137. https://doi.org/10.21111/agrotech.v8i3.9573.

Putri, S. E. (2019). Analisis sikap konsumen: Evaluasi dan kepercayaan atribut (multiatribut Fishbein approach). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.33369/insight.8.1.33-40.

Setiawan, I. P., & Fachmi, M. (2022). Kualitas Produk dan Word of Mouth sebagai Pendorong Keputusan Pembelian Telur Ayam Ras di Desa Malleleng Kabupaten Bulukumba. YUME: Journal of Management, 5(1), 1–10.

Sri Mutiara, Dewi Arziyah, dan Malse Anggia. (2022). Karakteristik Kualitas Telur Komersial Berdasarkan Eksterior dan Interior dari Berbagai Jenis Telur. Gontor Agrotech Science Journal, 8(3).

Sri Sari Utami, Jangkung Handoyo Mulyo, & Lestari Rahayu Waluyati. (2021). Hubungan Pendapatan Konsumen dan Motivasi Pembelian Telur Ayam Berlabel di Kawasan Yogyakarta. AgriEkonomika, 9(2), 102–115. Tersedia secara daring di: https://journal.trunojoyo.ac.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v10i1.2636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.