STRATEGI PEMASARAN PRODUK PUPUK PADAT SEMI ORGANIK UD. WAHYU ABADI KEDIRI

Iman Aji Wijoyo

Abstract


UD Wahyu Abadi merupakan start up dalam bidang produksi pupuk. Namun terdapat beberapa kendala yang menyebabkan penjualan pupuk dari UD Wahyu Abadi ini kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh usaha pupuk padat semi organik UD Wahyu Abadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT dan Matriks QSPM. Matriks IFAS memperoleh total skor 2,907 dan matriks EFAS memperoleh total skor 3,307. Serta berdasarkan matriks SWOT dan matriks QSPM terdapat delapan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Setelah dilakukan penerapan alternatif strategi pemasaran, kemudian di lakukan evaluasi penerapan alternatif strategi pemasaran yang hasilnya menunjukkan terdapat kenaikan omset penjualan dengan presentase 66% sehingga strategi pemasaran yang telah dibuat efektif untuk jalankan.


Keywords


Kata Kunci : pupuk, strategi pemasaran, analisis SWOT, matriks QSPM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v9i2.2327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.