KONTRIBUSI PEDAGANG EKONOMI PENJUALAN AYAM PEDAGING TERHADAP EKONOMI KELUARGA DI PASAR PANEMPAN KABUPATEN PAMEKASAN

Sari Nurahmatullaili, Selvia Nurlaila

Abstract


Ayam pedaging adalah salah satu sumber protein hewani yang memiliki harga terjangkau bila dibandingkan dengan daging sapi atau kambing. Kebutuhan daging ayam setiap tahunnya mengalami peningkatan karena harganya yang terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Penjualan ayam pedaging merupakan suatu tahap kegiatan usaha yang berfungsi untuk menyalurkan komoditi yang dihasilkan produsen ke tangan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa pendapatan dan berapa kontribusi pendapatan penjualan ayam pedaging. Metode yang digunakan yaitu metode survey penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode mengumpulkan informasi. Metode survey dilakukan dengan pengamatan langsung di  lapangan dengan cara  melakukan observasi dan  wawancara langsung terhadap penjualan ayam pedaging. Disimpulkan bahwa jumlah pendapatan rumahtangga penjual ayam pedaging di Pasar  Panempan  Kabupaten  Pamekasan  sebesar  Rp.  2.300.000/hari  sedangkan  pendapatan  penjualan  ayam  Rp. 69.000.000/bulan. Kontribusi rata-rata dari pendapatan dari penjualan ayam pedaging terhadap pendapatan penjualan ayam pedaging sebesar Rp. 6.900.000 sedangkan rata-rata pendapatan lain terhadap keluarga sebesar Rp. 1.731.000. Rata-rata kontribusi yang diberikan pada pendapatan penjualan ayam pedaging adalah sebesar 79,9%. Berdasarkan pada kriteria  pengambilan keputusan kontribusi dengan interval, apabila nilai  kontribusi (P)  <  33%  berarti kontribusi pendapatan penjualan ayam pedaging terhadap pendapatan keluarga adalah kecil, dan apabila nilai P adalah P > 33 % berarti kontribusi penjualan ayam pedaging terhadap pendapatan keluarga adalah sedang.

 


Keywords


Penjualan Ayam, Pendapatan, Ayam Pedaging.

Full Text:

PDF

References


Dewanti dan Sihombing (2012). Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam buras. Kabupaten Pacitan: 2012.

Farida Kusuma, A. (2015). Pengaruh Pengaruh Penambahan Probiotik Cair Terhadap Penampilan Produksi dan Profi Darah Ayam Pedaging. Malang: 2015.

Gitosudarmo, I. (2008). Manajemen Pemasaran. Surabaya: BPFE.

Handayani. (2009). Analisis Pengelolaan Anggaran Pendapatan. Malang: Tugas Akhir (Diploma). Muti Guna Pada PT. Bank Negara Indonesia/Persero. Jakarta Timur: Institut Bisnis Nusantar.

Meli, (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Cirebon.

Penggu, T. (2014). Hubungan Biaya Produksi Dengan Pendapatan Usaha Ternak Ayam Kampung Studi Kasus di Desa Pungkol Kecamatan Tatapaan. ZOOTEK.

Pracoyo, T. (2006). Aspek Dasar Ekonomi Mikro.Samarinda: Grasindo.

Sukmawati Chaisar Putri. (2014) Analisis Pendapatan dan Kontribusi Usaha Ternak Ayam Buras Terhadap Pendapatan Keluarga Serta Prospek Pengembangannya. : Fakultas Pertanian.

Trisna, (2015). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Penjualan Ayam Ras Pedaging di Pasar Masoma di Kota Palu. Palu: Agrotekbis.

Utomo, R. (2020). Analisis Optimalisasi Usaha Ternak Ayam Pedaging Broiler. Tarakan: Universitas Borneo.

Wiedosari, (2015). Studi Kasus Penyakit Ayama Pedaging di Kabupaten Sukabumi dan Bogor. Banda Aceh: Syiah Kuala University.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v9i1.2221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.