EVALUASI KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN PADA SAPI PERAH DIDESA JUNREJO TAHUN 2019 SAMPAI 2021

Nonok Supartini, Farida Kusuma Astuti, Yulianus M, Sumarno Sumarno

Abstract


Desa Tlekung yang ada di wilayah Batu merupakan daerah yang memiliki populasi sapi perah tertinggi . Hambatan yang sering dihadapi oleh inseminator adalah keterlambatan peternak melaporkan kepada petugas sehingga petugas Ib datang mendekati fase terakhir ternak yang berahi, rendahnya pengetahuan peternak mengenai sapi yang sedang berahiPada penelitian hasil Persentase atau jumlah angka kebuntingan (Service Per Conception, S/C) dan (Conception Rate, CR) digunakan untuk menghitung parameter penelitian di lokasi penelitian Desa Tlekung, dan Desa Junrejo  tahun 2019–2021. Meningkatkan kasus  reproduksi Hyporfungsi ovari, Korpus Leteum Persisten dan Endometritis merupakan salah faktor penghabat terbesar yang menyebabkan rendahnya keberhasilan Inseminasi Buatan dan pemberian zat gizi ternak yang tidak sesuai. studi kasus yang ada di di Kecamatan Junrejo, Kota Batu dan faktor lainya yaitu keterampilan inseminator, kualitas semen, Proses tawing serta pengetahuan peternak dalam mengidentifikasi estrus pada ternak. Hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa Evaluasi Tingkat Keberhasilan Pada Sapi Perah (Studi Kasus di Desa Junrejo dan Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu 2019-2021). Hasil dari parameter  Reproduksi yang terbaik pada tahun 2019 (Service Per Conception, S/C) dan (Conception Rate, CR) memiliki nilai  Service Per Conception (S/C) 65% dan nilai presentase Conception Rate (CR) 68%  tahun 2020 Service Per Conception (S/C) 52% dan Conception Rate (CR)  58% dan tahun 2021 Service Per Conception (S/C)   69% dan Conception Rate (CR) adalah 63%.


Keywords


inseminasi buatan, sapi perah

Full Text:

PDF

References


Hafez, E. S. E. and B. Hafez. 2000. X and Y Chromosome Bearing Spermatozoa. Reproduction in Farm Animals. E.S.E. Hafez (ed). 7th edn. Blackwell Publishing Professional USA: 390-394.

Hariadi, M., S. Hardjopranjoto., Wurlina., H.A. Hermadi., B. Utomo., Rimayanti., I.N. Triana dan H. Ratnani. 2011. Ilmu Kemajiran pada Ternak. Cetakan 1. Airlangga University Press. Surabaya

Hafez. "Cattle and buffalo." Reproduction in farm animals (2000): 157-171.

Muhamad Tegar. 2018. Faktor-faktor penentu keberhasilan IB. Buletin BIB Lembang.

Mastuti dan Hidayat. 2008. Peranan Tenaga Kerja Wanita dalam Usaha Ternak Sapi Perah di Kabupaten Banyumas (Role of Women Workers at Dairy Farms in Banyumas District). Jurnal Animal Production. 11(1) : 40-47

Safitri, A. D. R., Susilowati, S., & Dinasari, I. (2021). Peran Koperasi Penampungan Susu Dalam Peningkatan Ekonomi Peternak Sapi Perah Skala Rakyat (Article Review). Dinamika Rekasatwa: Jurnal Ilmiah (e-Journal), 4(01).

Sugoro, I. 2009. Pemanfaatan Inseminasi Buatan Untuk Meningkatkan Produktifitas Sapi. Bandung: Kajian Bioetika Institut Teknologi Bandung

Saptono, H. S. (2012). Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi, Rakyat di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali.

Hermadi, H. A. (2015). Pemberantasan Kasus Kemajiran pada Ternak Menuju Kemandirian Dibidang Kesehatan Reproduksi Hewan dan Ketahanan Pangan di Indonesia.

Isnaini, I., Riyanto, B., Nurlali, N., & Sagita, N. A. (2020). Perilaku Petani Tentang Pembuatan Pupuk Organik Di Desa Tlekung Junrejo Kota Batu. Agriscience, 1(1), 1-11.Jainudeen, M. R., and E. S. E.

Jainudeen, M.R. and Hafez, E.S.E. 2008. Cattle And Buffalo dalam Reproduction In Farm Animals. 7 th Edition. Edited by Hafez E. S. E. Lippincott Williams & Wilkins. Maryland. USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v9i1.2209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.