MARJIN PEMASARAN PETERNAKAN AYAM RAS PETELUR YANG MENGGUNAKAN PAKAN PRODUKSI PABRIK SKALA KECIL DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

Irma Susanti, Siti Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat marjin pemasaran yang dicapai oleh setiap saluran pemasaran telur ayam ras petelur di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sidenreng Rappang pada bulan Oktober sampai Nopember 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Rangkaian penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap observasi, tahap wawancara dan tahap pelaksanaan penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran telur di Kabupaten Sidenreng Rappang menggunakan tiga saluran pemasaran yaitu : (a) saluran pertama adalah peternak produsen, pedagang pengumpul di desa, pedagang pengumpul kecamatan, pedagang pengumpul kabupaten, pedagang besar, dan pedagang pengecer; (b) saluran kedua adalah peternak produsen, pedagang pengumpul di kecamatan, pedagang pengumpul di kabupaten, dan pedagang besar; (c) saluran ketiga adalah peternak produsen langsung ke pedagang pengecer. Marjin pemasaran terbesar ditemukan pada saluran pemasaran pertama dan terendah pada saluran pemasaran ketiga.


Keywords


Marjin Pemasaran, telur, ayam ras petelur, pabrik pakan skala kecil

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v2i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.