PERBEDAAN PERAN KEPEMIMPINAN KELOMPOK TANI DAN EFEKTIFITAS PEMBERDAYAAN PETANI DI DESA BETTET DAN DESA NYALABU LAOK KEC.PAMEKASAN

Desi Maharani Agustini, Desi Kurniati Agustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui Sejauh mana hubungan kepemiminan dengan efektivitas program pemberdayaan petani melalui kelompok tani, i, Untuk Mengetahui Sejauh mana hubungan faktor lingkungan dan faktor personal dengan keberdayaan anggota kelompok tani.  Penelitian ini dilakukan di dua lokasi, yaitu di Desa Bettet , Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan dan di Desa Nyalabu Laok, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.  Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Semua data kuantitatif yang diperoleh dimasukkan ke dalam Microsoft Excel 2007 serta diolah menggunakan Program SPSS 20.0. for Windows. Pada pengujian tujuan penelitian, dilakukan dengan menggunakan statistik non-parametik Uji Korelasi Rank Spearman untuk melihat hubungan variabel yang diukur dengan skala ordinal dan Uji Korelasi Chi Square untuk melihat hubungan variabel yang diukur dengan skala nominal.  Hasil dari penelitian ini adalah Peran kepemimpinan pada kelompok tani Rukun Tani 2 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan peran kepemimpinan pada kelompok tani Sumber Murni 1. Faktor personal yang meliputi usia dan tingkat pendidikan menunjukkan hubungan nyata positif dengan proses pemberdayaan, sedangkan pengalaman bertani menunjukkan hubungan nyata negatif dengan proses pemberdayaan.

 


Keywords


kepemimpinan, Pemberdayaan, Kelompok Tani

Full Text:

PDF

References


Andrew J, Dubrin. 2006. The Complete Idiot’s Guides to Leadership 2nd Edition. Jakarta(ID): Prenanda.

Arisudana I, Helmi AF. 2009. Kepemimpinan Transformasional Kepercayaan dan Berbagai Pengetahuan dalam Organisasi. Jurnal Psikologi. [Internet]. [Diunduh 2013 Okt 14]; Vol 36(02): Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada (ID). Tersedia pada: http://jurnal.psikologi.ugm.ac.id/ index.php/fpsi/article/view/44.

Fadli GM. 2010. Kepemimpinan dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Kawasan Perbatasan Indonesia-Malaysia (Kasus Pembangunan Kesehatan di Desa Nanga Bayan, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat)[Tesis]. Bogor (ID): Mayor Sosiologi Pedesaan, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Mulyadi D, Rivai V. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta(ID): Rajawali Press.

Setiana L. 2005. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan masyarakat. Bogor(ID): Ghalia Indonesia.

Tampubolon J. 2006. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Kelompok: Kasus Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Pendekatan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) [Disertasi]. Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (ID).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v8i1.1763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.