Keputusan Pembelian Bahan Dasar Daging Penjual Kaldu Kikil/Kokot di Kabupaten Pamekasan

Ahmad Yudi Heryadi, Raka Dwi Pahingga, Achmarul Fajar

Abstract


Masyarakat Madura khususnya kabupaten Pamekasan sangat menyukai olahan daging sapi yang merupakan masakan khas masyarakat yaitu kaldu kikil/kokot. Asumsi masyarakat terhadap pemilihan daging sapi Madura sebagai olahan Kaldu kikil/kokot disebabkan, tekstur daging sapi madura itu sendiri terasa lebih empuk dan berserat dibandingkan dengan daging sapi exotic.Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui keputusan penjual dalam memilih daging sapi madura dan exotic sebagai bahan dasar olahan kaldu kikil/kokot di Kabupaten Pamekasan.  Materi penelitian ini adalah 6 penjual kaldu kikil/kokot di Kabupaten Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa depot di kabupaten Pamekasan mayoritas menggunakan bahan dasar sapi Madura untuk olahan kaldu kikil/kokot. Walaupun daging sapi Madura relatif lebih mahal, tetapi penjual tetap memilih sapi Madura  dengan alasan daging lebih empuk, berserat, harum dan ketika dikonsumsi mempunyai cita rasa dan ciri khas tersendiri. 

Disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh penjual kaldu kikil/kokot di kabupaten  Pamekasan adalah faktor budaya, faktor individu dan faktor psikografis.

Keywords


Keputusan Pembelian, Kaldu kikil/kokot, Pamekasan

Full Text:

PDF

References


Agustina D. K. Rajfan J. 2015. Jurnal Ilmu-Ilmu Hayati vol. XII No. 12. Fakultas Pertanian Universitas Madura. 2015.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiawan, Rezki (2017) Komparasi Kualitas Fisik Daging Sapi Lokal Dan Impor Di Kota Yogyakarta. Skripsi thesis, Universitas Mecu Buana Yogyakarta.

Dewi, M. 1994. Perilaku Konsumen Daging Sapi dan Kerbau pada Konsumen Keluarga di Pekanbaru [Skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Elvina R.S. Analisis Gaya Keputusan Pembelian Daging Sapi Segar Pada Konsumen Menengah Ke Atas Di Kota Bogor (Studi Kasus Di Kecamatan Tanah Sareal Bogor). 2006. Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Engel JF, Blackwell RD, Miniard PW. 1994. Perilaku Konsumen. Terjemahan.Jilid I.Edisi ke-6. F.X. Budiyanto, penerjemah. Jakarta : Binarupa Aksara Jakarta.

Fathurahman, E. (2008). Penanganan daging sapi. FoodReview. Retrieved November 2, 2012 from http://www.foodreview.biz. Diakses tanggal 8 Agustus 2019. Dalam Analisa Perbandingan Kualitas Fisik Daging Sapi Impor Dan Daging Sapi Lokal, Gunawan L. 2008.

Karim, A. G. 2019. Kaldu Kokot dan Falsafah Kerendahan Hati Islam Madura. http://alif.id/read/abdul-ghaffar-karim/kaldu-kokot-dan-falsafah- kerendahan-hati-islam-madura-b222097p/, Diakses tanggal 29 September 2019.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta

Natasasmita, Sudjana. 1978. Evaluasi Daging. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor Pr.

Pakpahan, A.R.S. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Daging Sapi Di Indonesia, Economics Development Analysis Journal. Vol. 1 No.2




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v8i1.1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.