TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN TERHADAP NUGGET AYAM YANG DISIMPAN PADA SUHU DINGIN DENGAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Aburizal Alfariqi, Joko Purdiyanto

Abstract


Nugget merupakan produk olahan yang terbuat dari daging tanpa kulit dan tulang yang digiling, dicincang, diberi bumbu, dicampur bahan pengikat kemudian dicetak menjadi tertentu dan ditambah dengan remahan roti lalu diikuti dengan proses penggorengan. Nugget ayam merupakan produk beku olahan daging yang rentan terhadap pertumbuhan mikroba pathogen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan konsumen terhadap nugget ayam yang disimpan pada suhu dingin dengan lama penyimpanan yang berbeda. Bahan penelitian yang digunakan adalah : L0 = Nugget yang disimpan pada suhu dingin dengan lama penyimpanan 0 hari, L1 = Nugget yang disimpan pada suhu dingin dengan lama penyimpanan 7 hari, L2 = Nugget yang disimpan pada suhu dingin dengan lama penyimpanan 14 hari, dan L3 = Nugget yang disimpan pada suhu dingin dengan lama penyimpanan 21 hari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dengan uji kesukaan (uji hedonik). Panelis yang digunakan adalah panelis tidak terlatih sebanyak 50 orang. Variabel yang diteliti adalah tingkat kesukaan panelis terhadap warna nugget, aroma nugget, rasa nugget, dan tekstur nugget. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah tabulasi dari kuisioner ke dalam tabel kemudian dihitung Analisa of Varian, apabila berbeda nyata maka dilanjutkan dengan Uji BNT. Tingkat kesukaan konumen terhadap kualitas nugget ayam disajikan dalam uji deskripif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penyimpanan pada suhu dingin tidak berpengaruh terhadap kesukaan konsumen pada warna dan aroma nugget ayam (P>0,05), tetapi bepengaruh nyata terhadap kesukaan konsumen pada rasa nugget ayam dengan lama penyimpanan 7 hari (P<0,05) terhadap nugget ayam dengan lama penyimpanan 1, 14, dan 21 hari,  sedangkan kesukaan konsumen terhadap tekstur nugget ayam dengan lama penyimpanan 1 dan 21 hari berbeda nyata (P<0,05) terhadap tekstur nugget ayam dengan lama penyimpanan 7 dan 14 hari. Sedangkan dengan uji deskriptif menunjukkan hasil bahwa konsumen paling suka terhadap warna nugget ayam yang disimpan pada suhu dingin selama 1 hari, paling suka terhadap aroma nugget ayam yang disimpan pada suhu dingin selama  7 hari, paling suka terhadap rasa nugget ayam yang disimpan pada suhu dingin selama 14 hari, dan paling suka terhadap tekstur nugget ayam yang disimpan pada suhu dingin selama 7 hari


Keywords


kesukaan konsumen, nugget ayam, suhu dingin, lama pendinginan

Full Text:

PDF

References


Abrianti. (2021). Pengaruh Subtitusi Daging Ayam Broiler Dengan Dami Nangka Terhadap Sifat Kimia Dan Organoleptik Abon. Universitas Muhammadiyah Mataram, Teknologi Pertanian . Mataram: Fakultas Pertanian .

Agustiono, J. (2019). Pengaruh Ekstrak KuliT Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizuz) Sebagai Pewarna Dan Pengawet Alami Pada Nugget Ayam. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan , Peternakan . Medan: Fakultas Sains Dan Teknologi .

Anggraeni, W. (2021, September). Pengaruh Lama Simpan Dan Metode Pengemsan Terhadap Sifat Visik Bakso Daging Ayam Pada Penyimpanan Suhu Rendah (±5℃). Jurnal Teknologi Peternakan, 3(1), 131-142.

Anonim. (2013). Pengujian Organoleptik. Semarang: Program Studi Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Semarang.

Edi, S., & Nur rahmah, R. S. (2018, Maret). Pengaruh Lama Penyimpanan Daging Ayam Pada Suhu Ruang dan RefrigatorTerhadap Angka Lempeng Total Bakteri dan Adaya Bakteri Salmonella Sp. Jurnal Biosains , 4(1), 23-31.

Fitriani, W. M. (2020). Pendugaan Umur Smpan Dengan Metode Accelerated Shelf Life Test Degan Pendekatan Arrhenius Pada Produk Nugget Ikan Gabus. Pasundan Bandung , Teknologi Pangan . Bandung : FakultaTeknik.

Hanafiah, K. A. (2004). Rancangan Percobaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kharismawati, A. S. (2019). pengaruh Lama Penyimpanan Dalam Suhu Refrigerator Terhadap Kulitas Fisik, Sensoris Dan Mikrostruktur Nugget Ayam Yang DIsuplentasi Ekstrak Brokoli. Universitas Gadjah Mada, Peternakan . Jogjakarta: Fakultas Peternakan .

Kurniawan, D., Widigdyo, A., Utama, W., & Sasama, A. (2020, Oktober). Kualitas Organolleptik Nugget Ayam Dengan Level Penambahan Jerohan Ayam. Agriovet, 3(1), 55-62.

Lamusu. (2018). Uji Organoleptik Jalangkote Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas Uji Organoleptik Jalangkote Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas. Jurnal Pengolahan Pangan, 3(1), 9-15.

Lamusu, D. (2018). Uji Organoleptik Jalangkote Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatasL) sebagai Upaya Diversifikasi Pangan. Jurnal Pengolahan Pangan, 3(1), 9-15.

Mayasari, M. (2019). Uji Organoleptik Nugget Ayam dengan Ekstrak Kulit Buah Naga Merah. Peternakan, Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Medan: Fakultas Sains dan teknologi.

Mustar. (2013). Studi Pembuatan Abon Ikan Gabus (Ophiocephalus Striatus) Sebagai Makanan Suplemen (Food Suplement)”. Universitas Hasanuddin. Makasar: Fakultas Pertanian.

Nanda. (2016). Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Kulit Buah Naga Merah (Hylocereus costaricensis) dan Pengenyal terhadap Karakteristik Sof Candy. Skripsi, Universitas Pasundan, Bandung.

Priyono, A. (2020). Cemaran Salmonella SP Pada Nugget Ayam Yang Diperdagangkan Di Pasar Tradisional Di Desa Klumpang. Skripsi, Universitas Politeknik Kesehatan Medan, Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Medan.

Putri, V. D., & Nita, Y. (2018, Oktober ). Uji Kualitas Kimia Dan Organoleptik Pada Nugget Ayam Hasil Substitusi Ampas Tahu. Jurnal Katalisator , 3(2), 135-144.

Ranti, N. F. (2016). Karakteristik Fisik dan Organoleptik Daging Sapi Bali pada berbagai Lokasi Otot yang Berbeda. Skripsi, Universitas Halu Oleo, Kendari.

Ratulangi, F. S., & Rimbing, S. C. (2021, Januari ). Mutu Sensoris Dan Sifat Fisik Nugget Ayam Yang Ditambahkan Tepung Ubi Jalar Ungu. Zootec, 41 (1), 230-239.

Rini, S. R., Sugiharto, & Mahfud, L. D. (2019, Desembe). Pengaruh Perbedaan Suhu Pemeliharaan Terhadap Kualitas Fisik Daging Ayam Broiler Finisher. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 14(4), 387-395.

Sayuti, K., & Andini, F. (2017, Januari). Pengaruh Suhu Dan lama Penyimpanan Terhadap Indikator Film Dari Ekstrak Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Sebagai Smart Packaging Untuk Mendeteksi Kerusakan Nugget Ayam. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 6(4), 167-172.

Sulistiana, E. (2020). Uji OrganolEptik Nugget Ayam Dengan Penambahan Tepung Wortel. Uin Alauddin Makasar, Ilmu Peternakan . Makasar: Fakultas Sains Dan Teknologi.

Triyono, Nugroho, A., & Widodo, H. (2015). Teknologo Pengolahan Daging (Pembuatan Nugget Ayam). Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto: Fakultas Peternakan.

Zuhira, (2011). Pengaruh Penambahan Tepung Kulit Pisang Raja (musa paradisiaca) Terhadap Daya Terima kue donat. Skripsi, Universitas Sumatra Utara, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/maduranch.v8i1.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  

Published by Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website: http://http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_peternakan_maduranch/index

Email: maduranch@unira.ac.id 

Creative Commons License
MADURANCH by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.