IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013 DI SD/MI KOTA PEKALONGAN

Muchamad Fauyan

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 di SD/MI Kota Pekalongan dan problematikanya. Pengungkapannya dengan penelitian kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru kelas SD/MI menjadi sumber datanya. Hasilnya diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI bersifat tematik, pembelajarannya terintegrasi dengan mata pelajaran lain dengan pendekatan saintifik. Mapel bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting karena menjadi mata pelajaran pengantar dan pengait untuk mata pelajaran lainnya. Posisi guru kelas dalam Kurikulum 2013 tetap menjadi sentral. Tugasnya tidak hanya menyusun perangkat dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013, tetapi juga harus memenuhi tuntutan terwujudnya pembelajaran bahasa Indonesia yang bermakna. Dengan kapabilitas dan kepedulian yang dimiliki, guru kelas SD/MI di Pekalongan terus berusaha untuk mencapainya, yaitu untuk menciptakan suasana dan serangkaian aktivitas belajar siswa guna mencapai keterampilan berbahasa tertentu.

Keywords


Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Anshori, Dadang S. TT. “Ruh Islam dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/197204031999031-DADANG/maka_bahasa.pdf. Diakses 28 Oktober 2018.

Cahyani, Isah. 2012. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag RI.

Hairuddin, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Kemdikbud. 2015. Panduan Penialaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

__________. 2018. Modul Kebijakan dan Dinamika Perkembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Puspidalia, Yuentie Sova. 2012. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Cendekia, Vol. 10 No. 1 Juni 2012.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wawancara dengan Ibu Evi Rif’iani, salah satu Guru Kelas SDN Krapyak Lor 2 pada 8 Oktober 2018.

Wawancara dengan salah satu Guru Kelas SD Muhammadiyah 2 Bendan Pekalongan Barat pada 10 Oktober 2018.

Wawancara dengan salah satu Guru Kelas SDI 02 Ma’had islam Pekalongan Timur pada 10 Oktober 2018.

Wawancara dengan Ibu Eva Masulah, salah satu Guru Kelas MSI Hidayatul Athfal 01 Banyu Urip Pekalongan Selatan pada 12 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v3i2.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing