TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM DEBAT CAPRES PERTAMA 2019 DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN DEBAT DI SMA KELAS X

Meyse Fevi Oktari, Sudarmini Sudarmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam Debat Capres Pertama 2019; (2) fungsi tindak tutur direktifdalam Debat Capres Pertama 2019; (3) kaitannya tindak tutur direktif dengan pembelajaran debat di SMA Kelas X. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan catat.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Selanjutnya, metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode padan pragmatik, teknik dasar yang digunakan yaitu pilih unsur penentu (PUP, dn teknin lanjutan hubung banding menyamakan (HBS). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) jenis tindak tutur direktif meliputi bersumpah, bernazar, berjanji, dan menawarkan; (2) fungsi tindak tutur direktif meliputi 3 jenis fungsi yaitu konvivial, kolaboratif, dan konfliktif; (3) kaitan tindak tutur direktif dengan pembelajaran debat di SMA Kelas X berupa RPP dan Modul sebagai luaran.

Keywords


tindak tutur; direktif; debat

Full Text:

PDF

References


Leech. Geoffrey. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Universitas Indonesia

Nadar, F.X. 2013.Pragmatik dan Penelitian Pragmatik.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohmadi, Muhammad. 2017. Pragmatik Teori dan Analisi. Surakarta:Yuma Pustaka.

Rachman. 2015. “Tindak Tutur dalam Proses Belajar-Mengajar pada Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kelurahan Wapunto Kecamatan Duruka Kabupaten Muna (Kajian Pragmatik)”.Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015.

Sudaryanto. 2018. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-Dasar Pragmatik. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v4i2.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing