KAJIAN BANDINGAN STRUKTUR DAN CITRA PEREMPUAN DALAM LIMA NOVEL ASIA SERTA PEMANFAATAN HASILNYA SEBAGAI BUKU PENGAYAAN LITERASI DI SMK

Dina Mardiana

Abstract


Sastra merupakan tiruan atau pemaduan antara kenyataan dengan imajinasi pengarang, atau hasil imajinasi pengarang yang bertolak dari suatu kenyataaan. Ketika norma-norma patriarkal mendominasi sastra Indonesia, hal itu membuktikan bahwa di negara Indonesia masih memperlihatkan kedudukan seorang laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan. Penelitian ini menguraikan bagaimana struktur, citra perempuan, kajian bandingan dan pemanfaatannya sebagai buku pengayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur, citra perempuan, kajian bandingan lima novel Asia dan pemanfaatannya sebagai buku pengayaan literasi di SMK. Hasil penelitan ini berupa 1) hasil analisis struktur berupa tema, karakter tokoh alur, latar, episode, dan ungkapan. 2) Citra perempuan dalam novel ditelaah melalui peran tokoh, hubungan tokoh perempuan dengan tokoh lainnya, gambaran tokoh, dan cara penulis menampilkan tokoh. 3) Persamaan kelima novel Asia tersebut memiliki tema yang sama, yakni perjuangan perempuan dalam dunia yang patriarki.

Keywords


kajian bandingan; struktur; citra perempuan; novel

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, 2004. Pengantar apresiasi karya sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Aningsih, Hana Yakfi, Munaris dan Kahfie Nazaruddin. 2015. Citra perempuan dalam novel bidadari-bidadari surga dan teatrikal hati serta pembelajarannya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung.

Chie, Nakane. 1981. Masyarakat jepang. Sinar harapan dan pusat kebudayaan Jepang.

Damono, Sapardi Djoko. 2015. Sastra bandingan. Ciputat: Editum. Divakaruni, Chitra Banerjee. 2009. The palace of illusions: Istana Khayalan. Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2008. Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djayanegara, Soenaryati. 2000. Kritik sastra feminis sebuah pengantar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Eagleton, Terry. 1996. Teori sastra sebuah pengantar komprehensif (Edisi Terbaru). Yogyakarta: Jalasutra.

Effendi. 2002. Bimbingan apresiasi puisi. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Endraswara, Suwardi. 2014. Metodologi penelitian sastra bandingan. Jakarta: BukuPop.

Endraswara, Suwardi. Hakikat sastra bandingan. http:/eprints.uny.ac.id/8495/3/BAB.pdf.

Ensiklopedi Nasional Indonesia. 1996. Ensiklopedi nasional indonesia. Jakarta: PT Cipta Adi Pustaka.

Fakih, Mansour. 2007. Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginanjar, Ahmad. 2017. Kajian struktural-antropologi karya levi strauss pada cerita padi nusantara beserta penafsiran simbol-simbolnya. Program Pascasarjana Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Suryakancana, Cianjur.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v4i2.684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing