PERSPEKTIF KOMPAS ONLINE DALAM JUDUL BERITA ENTERTAINMENT: KAJIAN LINGUISTIK KRITIS

Masyithah Maghfirah

Abstract


Melalui media massa dapat direfleksikan dan dibuat menggunakan bahasa dan sikap bahasa yang dikehendaki oleh komunitas tutur. Penelitian ini akan mendeskripsikan perspektif Kompas Online dalam judul berita Hiburan yang mengambil peran sentral dalam mengantarkan sebuah topik dan mengarahkan pembaca untuk memperoleh pandangan media yang terkait dengan cara memilih kata-kata dalam judul berita sebagai melibatkan berita di media. Dalam penelitian ini juga akan dijelaskan bagaimana menentukan efek yang dihasilkan oleh perspektif media yang dikonstruksikan kepada pembaca melalui judul rubrik Hiburan sebagai pencitraan selebritis dan status yang disetujui dan tidak sesuai dengan pandangan Kompas Online.


Keywords


kompas online; media massa; linguistik kritis

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Harianto, Didik. 2007. Penggunaan News Value Kriteria Layak Berita untuk Kepala Berita Lead Sebuah Berita, (Online), (http://didikharianto.wordpress.com, diakses 24 Desember 2011)

Kadri. 2011. Ideologi, (Online), (http://kadri-blog.blogspot.com, diakses 24 Desember 2011)

Santoso, Anang. 2006. Bahasa, Masyarakat, dan Kuasa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi Kelima. Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.