HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Rahayu Fitri, Risa Yulisna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan yang signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa skor hasil pengukuran terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan membaca pemahaman melalui tes objektif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dalam penelitian ini, ditetapkan mahasiswa sesi C yang berjumlah 25 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji korelasi sederhana yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil thitung>ttabel atau 4,67>1,71. 

Keywords


penguasaan kosakata; membaca pemahaman

Full Text:

PDF

References


Agustina. 2008. ”Pembelajaran Keterampilan Membaca”. Buku Ajar yang Tidak Diterbitkan. Padang: Fakultas Bahasa Sastra dan Seni Universitas Negeri Padang.

Atmazaki. 2007. Kiat-kiat Mengarang dan Menyunting. Padang: UNP Press.

Ismawirna. 2012. ”Penguasaan Kosakata Baku Bahasa Indonesia

Siswa Kelas VIII SMP Negeri Lhoknga Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, Vol. 12, No. 1, Juli 2012, hal. 11-19. (http://www.serambimekkah. ac.id/, diakses tanggal 20 Juli 2018).

Kridalaksana, Harimurti. 1984. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

Pranowo, Hadi. 2009. ”Hubungan Penguasaan Kosakata dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2008/2009. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Richard, Jack et al. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistic. England: Longman Grouf Limited.

Soedarso. 2000. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susanti, Ratna. 2002. ”Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris”. Jurnal Pendidikan Penabur, No.01/Th.I/Maret 2002, hal 87-93. (http://bpkpenabur.or.id/, diakses tanggal 20 Juli 2018).

Tarigan, Henry Guntur. 2002. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wati, Susilo. 2016. ”Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Gugus Sultan Agung Kabupaten Pati”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wulan, Ratna. 2010. ”Peranan Inteligensi, Penguasaan Kosakata, Sikap, dan Minat terhadap Kemampuan Membaca pada Anak”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 14, No. 2, 2010, hal 166-185. (https://journal.uny.ac.id/, diakses tanggal 20 Mei 2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.