ANALISIS KESALAHAN BAHASA SURAT DINAS KANTOR NU CABANG PAMEKASAN

Sri Widjajanti

Abstract


Surat merupakan sarana komunikasi yang biasa digunakan untuk menyampaikan informasi secara personal kepada penerima informasi melalui bahasa tulis salah satunya surat dinas. Oleh karena itu teori dasar untuk mengetahui kesalahan-kesalahan bahasa dalam surat dinas kantor NU Cabang Pamekasan adalah teori tentang penggunaan bahasanya yaitu bahasa yang baku atau bahasa yang diakui benar menurut kaidah yang sudah dilazimkan.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) kesalahan ejaan pada pemakaian huruf, penulisan kata, penggunaan tanda baca, (2) kesalahan pemilihan kata pada ketidaktepatan pemilihan kata,ketidakbakuan pemilihan kata dan ketidakhematan pemilihan kata, (3) kesalahan penyusunan kalimat pada subjek tidak dinyatakan secara nyata, satuannya belum merupakan kalimat utuh dan ketidaksesuaian antara ide dan struktur kalimat. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif sumber data penelitian ini adalah data surat dinas kantor NU Cabang Pamekasan yaitu surat yang dikeluarkan mulai tahun 2013-2014  sebanyak 16 surat. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan studi dokumentasi dan teknik antologis berdaserkan fokus kajian, disajikan dalam bentuk tabel data, identifikasi data, klasifikasi berdasarkan, dan deskripsi data

Hasil penelitian ini jelas sekali bahwa dalam surat dinas khususnya kantor NU Cabang Pamekasan masih ditemukan kesalahan-kesalahan dalam berbahasa yaitu dari kesalahan ejaan, pemilihan kata dan penyusunan kalimat.

Keywords


Analisis Kesalahan, Surat Dinas

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Nusa Indah

Moeleong, Lexsi.J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitif. Bandung: Remaja

Nasution, S. 1998. Metedologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsiro.

Soedjito dan Sulchan, Tw. 1990. Surat Menyurat Resmi Bahasa Indonesia.

Bandung : PT. Rosda Karya.

Sudaryono, 1983 Surat Menyurat Dalam Bahasa Indonesia. Bandung: Alumni




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v1i2.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing