PENGGUNAAN STRATEGI ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERSUASIF SISWA SMA NEGERI 1 GALIS PAMEKASAN

M. Khoiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: a) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam belajar menulis persuasif dengan model kooperatif tipe Round Table pada siswa SMA Negeri 1 Galis Pamekasan Tahun Pelajaran 2014/2015, b) Untuk mengetahui respon siswa dalam belajar menulis persuasif dengan model kooperatif tipe Round Table pada siswa SMA Negeri 1 Galis Pamekasan Tahun Pelajaran 2014/2015, c) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis persuasif melalui model kooperatif tipe Round Table pada siswa SMA Negeri 1 Galis Pamekasan Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Galis yang berjumlah 39. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan teknik  tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis  dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil angket tentang respon siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis persuasif, pada siklus I terdapat separuh siswa yang tidak suka pada strategi round table, maka pada siklus II hampir semuanya menyukai strategi round table dalam menulis persuasif. Berdasarkan hasil test terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas pada tes siklus I, dan siklus II juga mengalami peningkatan. Pada tes siklus I rata-rata yang dicapai sebesar 64,95, sedangkan hasil pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 76,02, jadi mengalami peningkatan sebesar 11,07.

Keywords


round table, menulis persuasi

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis (Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi). Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Iskandar wassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kristiantari, 2002. Menulis Deskripsi dan Narasi, Malang : Media Ilmu.

Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Persuasif. Ende-Flores: Nusa Indah.

Lacy, Norris J. 1991. “Round Table”. Dalam http://www.wikipedia.com. Diakses pada 19 Maret 2011.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Rani, Abdul, Menulis Paragraf, 2007. Menulis Paragraf. Malang : Bimantara Alugunda,

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sabarti, Akhadiah, dkk. 2004. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Susila, Herawati, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Bayumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v1i1.370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing