Urutan Naratif dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam “Sesendok Nasi Goreng” Karya Soesilo Toer

Diki Kurniawan

Abstract


Sastra anak merupakan ikhwal penting yang ikut serta dalam membentuk karakter anak. Karakter anak yang merupakan bagian dari kecerdasan manusia itu menjadi hal yang penting dan tak bisa diabaikan sehingga dalam prosesnya perlu dikawal sejak dini. Sastra anak yang pada proses dan gerak mempengaruhi pembacanya itu tersematkan di dalamnya nilai-nilai karakter sebagai pembangunan karakter anak. Penelitian ini menilisik struktur naratif yang ikut membangun nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen “Sesendok Nasi Goreng” yang terdapat dalam kumpulan cerita anak “Indra Tualang Si Doktor Kopi karya Soesilo Toer”. Adapun teori yang dipakai untuk melihat struktur naratif tersebut ialah teori naratif yang diperkenalkan oleh Gerrad Genette, yang utamanya dalam konsep order. Sementara nilai-nilai pendidikan karakter yang diketemukan dalam karya sastra mengacu pada nilai-nilai pendidikan karakter yang dipaparkan oleh Azzet. Dengan metode deskriptif kualitatif sebagai metode penelitian, ditemukan beberapa nilai karakter yang ada dalam karya tersebut, yang antara lain kejujuran dan rasa tanggung jawab. Hasil dari penelitian ini membawa manfaat tidak hanya bagi para pendidik dalam memperluas wawasan terkait nilai-nilai pendidikan karakter dalam karya sastra, sehingga membantu dalam profesinya sebagai pendidik, pun juga bagi khalayak umum dalam menyiapkan generasi penerus.

Keywords


Children's literature, Narrative order, Character education, Indra Tualang Si Doktor Kopi, Soesilo Toer

Full Text:

PDF

References


Azhar, I. N. (2018). Konstruksi peta cerita rakyat Madura di pulau Madura

Busri, H. (2010). Simbol Budaya Madura dalam Cerita Rakyat Madura.

Efendi, M. F., Hudiyono, Y., & Murtadlo, A. (2019). Analisis cerita rakyat Miaduka ditinjau dari kajian sastra anak. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(3), 246-257.

Fajrideani, W., Sumiyadi, S., & Nugroho, R. A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Storytelling Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa di SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(3), 3170-3187.

Gardner, H. (1983). "Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences." Journal of Educational Psychology, 5(4), 115-125.

Geertz, C. (1973). "The Interpretation of Cultures." Journal of Anthropological Research, 11(4), 10-25.

Imron, Z. (2000). Cerita rakyat dari Madura. Jakarta: Grasindo.

Ismayana, I., Setyawan, A., & Kusuma, E. R. (2024). Karakteristik cerita rakyat madura sebagai alternatif pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 8(1), 35-47.

Lizawati, L. (2018). Cerita rakyat sebagai sarana pendidikan karakter dalam membangun generasi literat. SeBaSa, 1(1), 19-26.

Markham, T. (2011). "Project-Based Learning: A Bridge Just Far Enough." Journal of Educational Research, 12(2), 55-67.

Nikolajeva, M., & Scott, C. (2000). "The Dynamics of Children's Literature." International Journal of Children's Literature, 8(3), 67-79.

Pratikno, A. S., Mardiyana, I. I., & Hidayati, G. M. (2024). Eksplorasi Madurese Rural Folklore di Kabupaten Sumenep Sebagai Preferensi Pendidik dalam Revitalisasi Sejarah Madura di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(02), 78-99.

Putria, A., Riyanti, R., & Rosidah, S. Y. (2023). Mengenal Identitas Nasional Indonesia Sebagai Jati Diri Bangsa di Era 4.0. Advances In Social Humanities Research, 1(4), 220-224.

Rahman, D. M. (2022). Representasi Keselarasan Masyarakat Madura dalam Cerita Rakyat Madura: Kajian Antropologi Sastra. Arif: Jurnal Sastra dan Kearifan Lokal, 1(2), 189-206.

Sauri, S., & Purlilaiceu, P. (2019). Pelestarian Cerita Rakyat Kabupaten Pandeglang dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 31-40.

Setyawan, A., & Kusuma, E. R. (2024). Pemanfaatan Platform Noice Sebagai Sarana Mengembangkan Audiobook Cerita Rakyat Madura. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 24(1), 25-34.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Windyani, N. A., & Enri, U. (2024). Rancang Bangun Website Kisahloka: Platform Digital untuk Pelestarian Cerita Rakyat Indonesia. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(3S1).




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v10i1.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing