PENGGUNAAN JENIS DAN WUJUD TINDAK TUTUR GURU BAHASA INDONESIA DI DALAM KELAS VIII SMP ISLAM PLUS NURUL KAROMAH
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan penggunaan tindak tutur guru Bahasa Indonesia. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana wujud dan jenis tindak tutur guru dalam kelas. Ancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah teknik rekam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang terdapat pada uturan guru terdiri atas tindak tutur 1) lokusi, 2) ilokusi dan 3) perlokusi. Adapun wujud tindak tutur yang di temukan terdiri atas 1) wujud asertif, 2) wujud direktif, 3) wujud ekspresif 4) wujud komisif, 5) wujud deklaratif. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Terdapat 7 data jenis tindak tutur lokusi pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah dan 13 data jenis tindak tutur ilokusi pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah beserta 11 data jenis tindak tutur perlokusi pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah. Berikut juga dengan wujud dari tindak tutur yaitu terdapat 7 wujud tindak tutur asertif pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah, 15 wujud tindak tutur direktif pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah, 2 wujud tindak tutur komisif pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah, 5 wujud tindak tutur ekspresif pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah, 2 wujud tindak tutur deklaratif pada hasil penelitian pembelajaran guru Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Islam Plus Nurul Karomah. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana guru Bahasa Indonesia berinteraksi dengan siswa di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v9i2.2510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by:
Indexing