Peningkatan Keterampilan Berbicara Mealalui Metode Role Playing dengan Pendekatan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Al-Miftah 4 Campor Proppo Pamekasan

Moh. Suhri, m khoiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan metode Role Playing dengan pendekatan berpikir kritis. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Berbicara siswa kelas X SMA Al-Miftah 4 Pamekasan Campor Proppo Pamekasan melalui Metode Role Playing, 2) Untuk Mengetahui Respon Siswa Kelas X SMA Al-Miftah 4 Campor Proppo Pamekasan, 3) Untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Al-Miftah 4 Campor Proppo Pamekasan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan jenis dari penelitian ini yaitu kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari sekolah dengan melakukan observasi, memberikan angket/tes siswa, dan tes keterampilan berbicara siswa dengan memberikan sebuah teks negosiasi. Hasil dari Penggunaan metode Role Playing untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Al-Miftah 4 Pamekasan siklus I hasil observasi siswa secara keseluruhan dapat dikatakan cukup. Dari nilai keseluruhan hasil tes siswa, hasil observasi, dan hasil angket/respon siswa dalam penerapan metode Role Playing untuk peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Al-Miftah 4 Pamekasan, ini dikatakan ada peningkatan. Artinya penelitian ini berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X di SMA Al-Miftah 4 Campor Proppo Pamekasan.

Keywords


peningkatan keterampilan berbicara, role playing, berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Ningsih, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 243–256.

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Hidayat, Lutfi Muhammad, Syaodih, Erliany, & Zahara, Rita. (2016). Efektivitas Metode Role Playing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiah 2 Sumbersari. Jurnal Educare. Vol. 14, No. 2, Desember 2016.

Mualimin, Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ganding Pustaka.

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Tarigan, Henry Guntur. (1994). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v9i2.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing