Media Pembelajaran Visual Gambar dalam Pengenalan Kuliner Indonesia bagi Mahasiswa BIPA

Suhesti Anggraini

Abstract


Melalui media seperti gambar poster kuliner, penelitian ini berupaya mengedukasi mahasiswa BIPA akan kelezatan masakan Indonesia. Menyadari bagaimana media yang digunakan mempengaruhi pembelajaran BIPA. Materi pembelajaran BIPA bergambar poster menjadi subjek penelitian ini. Kita akan memiliki banyak topik untuk didiskusikan setelah kita menyelesaikan topik makan. Makanan juga lebih dari sekedar rasa. Namun, makanan lebih dari sekedar metafora atau symbol makanan adalah sebuah ideologi. Pilihan makanan seseorang tentu dipengaruhi oleh nilai-nilai kehidupannya selain selera. Untuk memudahkan penyampaian bahan ajar kepada siswa, media pendidikan berfungsi sebagai mediator antara guru dengan pesan atau informasi yang harus dikomunikasikan selama kegiatan belajar mengajar. Anda dapat menemukan media pendidikan dimana saja. Wawancara mendalam, observasi cermat, dan studi dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran BIPA, dilakukan wawancara dan observasi. Tujuan kegiatan studi dokumentasi adalah untuk menelaah catatan milik guru yang berupa catatan materi. Siswa BIPA memberikan respon yang cukup baik terhadap media visual berupa gambar poster; mereka merasa mudah untuk menyerap dan memahami informasi yang disajikan. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa sangat tertarik dengan media gambar poster, semangat belajarnya lebih besar, mudah mengulangi istilah-istilah yang ada di media, dan dapat menggunakan media tersebut untuk mengikuti kegiatan pembelajaran BIPA. Sejauh ini semuanya berjalan lancar dengan penggunaan gambar poster untuk pembelajaran. Selama proses pembelajaran, pembelajaran BIPA berlangsung menyenangkan.

Keywords


BIPA, Instructional Media, Indonesian Culinary

Full Text:

PDF

References


Atsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Freire, P. (1970). Pedagogy of The Oppressed. New York: The Continuum

Giddens, Anthony. 2001. Runaway Word: Bagaimana Globalisasi Merombak Kehidupan Kita. Jakarta: Gramedia

Graham-Marr, Alastair. 2015. “Enhancing Student Schematic Knowledge of Culture Through Literature Circles in a Foreign Language Classroom. “Journal of Language and Cultural Education 3 (1): 85-92.

Harsono, H., Suyitno, I., Harsiati, T., & Andajani, K. (2024). Developing Critical Thinkers : Integrating Inquiry with BMKII in Scientific Writing. 16(1), 451–466. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v16i1.4917

Izzak, Arif. 2009. Selayang Pandang BIPA Balai Bahasa Surabya. Makalah disajikan pada diskusi BIPA diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surabaya, tanggal 9 September 2009.

Khaerunnisa, (2017). Mosaik Pembelajaran BIPA Strategi, Metode, Teknik, Media dan Evaluasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ.

Kusmiatun, Ari 2015. Revitalisasi Pembelajaran BIPA sebagai Upaya Memperkuat Bahasa Indonesia dalam Percaturan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Prosiding Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra lll. Diselenggarakan oleh Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret.

Muliastuti, Liliana. 2010. Evaluasi Pembelajaran BIPA. Prosiding Semilok Nasional Pengujian Bahasa. Pusat Bahasa. Kemendiknas

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Grup

Pieniak, Z., Verveke, W., Vanhonacker, F., Guerreruo, L., & Hersleth, M. (2009). Assocation between Traditional Food Condumption and Motives for Food Choice in Six European Countries. Appetite Journal, 53, 101 – 108.

Sadiman, Arief, dkk, 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Ni pt Apita Widya, dkk. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) di Sekolah Cinta Bahasa, Ubud, Bali. E-journal Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha. Vol 5 (3)

Warner, Chantelle, and Kristen Michelson. 2018. “Living Literacies: L2 Learning, Textuality, and Social Life Introduction to the Special Issue.” L2 Journal 10 (2)




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v9i1.2362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing