CITRA TOKOH UTAMA SOFIA PEREMPUAN DALAM NOVEL FRESH GRAD KARYA LAILI MUTTAMIMAH

Wida Cahya Puspita

Abstract


Novel “Fresh Grad” merupakan novel yang menceritakan perempuan sebagai tokoh utama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang citra tokoh utama dalam novel “Fresh Grad”. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara nyata  aspek yang ada pada citra tokoh utama dalam novel “Fresh Grad”. Pendekatan yang digunakan yakni feminisme. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Citra perempuan pada tokoh utama meliputi dua citra diri yaitu citra diri perempuan aspek fisik serta citra diri perempuan aspek psikis. (2) Pada aspek fisik meliputi berbagai macam hal yang sangat lekat kaitanya dengan perempuan, dalam novel fresh grad citra fisik yang melekat pada Sofia sebagai tokoh utama ialah memiliki paras cantik dan tubuh yang ideal, selain itu pada aspek fisik dalam novel ini tergambarkan dengan tokoh utama yang mengalami menstruasi, hal tersebut jelas merupakan ciri fisik yang hanya dimiliki oleh perempuan. (3) Adapun mengenai aspek psikis dimana pada novel Fresh Grad aspek psikis ditonjolkan melalui sikap tokoh utama Sofia sebagai perempuan yang gigih, berprinsip, dan lembut perasaanya.


Keywords


Feminisme, Citra Perempuan, Novel

Full Text:

PDF

References


Annum, N. (2019). Citra Perempuan dalam Novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata: Kritik Sastra Feminisme (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Herianti, I. (2019). Citra Perempuan dalam Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Kritik Sastra Feminisme). Univeristas Muhammadiyah Makassar.

Lizawati. (2015). Analisis Citra Perempuan Dalam Novel Perempuan Jogja. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol 4. No 2.

Lusiana. (2019). “Citra Perempuan dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Dan Novel Cermin Jiwa Karya S. Prasetyo Utomo.” Universitas Sriwijaya Palembang.

Mawarni, H., & Sumartini, S. (2020). Citra Wanita Tokoh Utama Rani Novel Cerita Tentang Rani Karya Herry Santoso Kajian Kritik Sastra Feminis. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 137-143.

Muttamimah, L. (2021). Fresh Grad. 1st ed. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Nurbiati, F.S. (2020). “Citra Tokoh Utama Perempuan Dan Ketidakadilan Gender Dalam Roman Poisson D’or Karya Jean Marie Gustave Le Clezio: Aanalisis Kritik Sastra Feminis.” Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. (2000). Wanita Di Mata Wanita, Persfektif Sajak-Sajak Toety Heraty. Bandung: Penerbit Nuansa.

Suharto & Sugihastuti.(2013). Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v8i2.2160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing