IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR STUDY DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII MTs. NURUL IKHSAN SAMPANG

Siti Nur Azizah Ramadhanti

Abstract


Guru sebagai pendidik berfungsi sebagai fasilitator, guna mengembangkan peningkatan pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa kelas VII MTs. Nurul Ikhsan Sampang dengan menerapkan metode Outdoor Study dalam peningkatan keterampilan menulis teks prosedur. 2). Untuk mendeskripsikan respon siswa kelas VII MTs. Nurul Ikhsan Sampang dengan menerapkan metode Outdoor Study dalam peningkatan keterampilan menulis teks prosedur. 3). Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII MTs. Nurul Ikhsan Sampang dengan menerapkan metode Outdoor Study dalam peningkatan keterampilan menulis teks prosedur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan jumlah siswa kelas VII sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan analisis pada data tersebut dengan hasil berikut: 1). Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs. Nurul Ikhsan Sampang tahun pelajaran 2022/2023 yaitu dari 1,77 siklus I dikategorikan cukup dan 2,60 siklus II dikategorikan sangat baik. 2). Berdasarkan hasil analisis data angket siswa mengalami peningkatan yaitu 54,68% pada siklus I dan pada siklus II yaitu 65,62% 3). Hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan metode outdoor study dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu 63 dikategorikan cukup pada siklus I dan siklus II dikategorikan sangat baik yakni 88,20.


Keywords


metode outdoor study, keterampilan menulis, teks prosedur

References


Adelia, V. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Divapress.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.

Handayani, N., & Hidayat, F. (2019). Hubungan Kemandirian terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika di Kelas X SMK Kota Cimahi. Journal on Education, 1(8), 1–8.

Husamah, H. (2013). Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning). research-report.umm.ac.id

Ismaniati, C., Sungkono, S., & Wahyuningsih, D. (2015). Model Blended Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2).

Khoiri, M., Harsono, & Kusyairi. (2018). Kualitas Buku Ajar Muatan Lokal Bahasa Madura Tingkat SMP dan SMA Berdasarkan Persepsi Siswa. International Proceedings: International Seminar on Language, Literature, Art, and Culture (ISLLAC) II, 368–376.

Mulyatiningsih, E. (2015). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rukajat, A. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research): Disertai Contoh Judul Skripsi dan Metodologinya. Deepublish.

Shanie, A., & Fadhilah, C. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 01–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v8i2.2159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing