KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMPN VI PAMEKASAN

Titania Kartini Ismi Pratama, M. Khoiri

Abstract


Penelitian ini, dilatarbelakangi oleh penulis terhadap kegiatan proses belajar mengajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dikarenakan terdapat sebagian peserta didik yang memiliki kemampuan menulis teks eksplanasi masih kurang dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dapat diketahui tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan dalam menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMPN VI Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam menulis teks eksplanasi siswa Kelas VIII SMPN VI Pamekasan sudah dapat dikatakan cukup baik. Terbukti dari 12 tugas teks eksplanasi siswa sudah memenuhi beberapa indikator, yaitu: 1). Bagian pembukaan sebanyak 7 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 5 siswa  memiliki karya yang cukup baik; 2). Bagian inti sebanyak 8 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 4 siswa  memiliki karya yang cukup baik; 3). Bagian penutup sebanyak 8 siswa yang memiliki karya teks eksplanasi yang baik, sedangkan 4 siswa memiliki karya yang cukup baik.


Keywords


Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi

References


Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Aljalita, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table pada siswa kelas X-1 SMAN Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, Vol. 3, No.15.

Azizah, (2016). Evektifitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Gaya Di Kelas IV. Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, No.2.

Cahyani, I. dkk. (2010). Menulis Proposal Penelitian. Bandung: Bintang Warli Artika.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hariani, (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Resmi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Vol. 1 No. 02.

Harriman, (2017). Berfikir Kreatif. Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Malladewi, M.A & Sukartiningsih Wahyu. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV di SD Negeri Balasklumprik Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, Vol. 01, No.2.

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad, (2011). Metode Penelitian Bahasa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Munandar, (2009). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: PT. Gramedia.

Priyatni (2004). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Soewadji, Jusuf. (2012). Pengantar Metodelogi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syatriana, (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. PGSD Universitas Tanjungpura

Tarigan (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zaenudin, (2015). Pembelajaran Mengarang Deskripsi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v8i2.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing