ANALISIS FRASA NOMINA DAN FRASA VERBAL DALAM ARTIKEL "KETIKA RUANG KELAS, MEMPERLAMBAT KREATIVITAS" OLEH SOFIA AMALIA PADA KOMPASIANA.COM EDISI 29 SEPTEMBER 2020

Syafa Dwi Kamila, Asep Purwo Yudi Utomo

Abstract


Kajian dalam penelitian ini difokuskan pada bidang sintaksis yaitu frasa. Analisis frasa pada artikel opini “Ketika Ruang Kelas, Memperlambat Kreativitas” yang dimuat pada laman kompasiana.com edisi 29 September 2020 ini dilatar belakangi karena adanya banyak upadiskeberagaman penggunaan frasa pada artikel online khususnya artikel opini. Namun peneliti lebih tertarik dan memfokusnya kajiannya pada frasa nomina dan frasa verba yang bertujuan  agar nantinya dapat menganalisis pemakaian jenis frasa yaitu frasa nomina dan frasa verba  dalam   sebuah   artikel opini. Metode yang digunakan untuk menganalisis frasa pada artikel opini ini adalah metode  penelitian  kualitatif  dengan  teknik dibaca dan dicatat.  Hasil dari penelitian yang menganalisis frasa berupa frasa nomina dan frasa verba, pengkajian frasa nomina dari segi perilaku sintaksisnya peneliti menemukan frasa nomina yang diwatasi Numeralia, Nomina, Adjektiva dan Preposisi. Sedangkan pada frasa verba dari segi kategorinya peneliti menemukan 9 frasa verba koordinatif dan 2 frasa verba apositif dari artikel yang dikaji tersebut. Frase nomina dan frasa verba merupakan unsur yang keberadaannya paling wajib dalam suatu kalimat. Diharapkan dengan memahami jenis frase nomina dan frase verba ini, pembaca akan mampu memahami, membedakan penggunaan frasa dalam sebuah kalimat. Juga diharapkan pembaca mampu mengetahui secara lebih mendalam seluruh makna yang terkandung dalam sebuah kalimat.

Keywords


Frasa; Artikel Opini; Analisis; Tujuan

Full Text:

PDF

References


Abdul Manaf, Ngusman. 2008. Semantik : teori dan terapannya dalam Bahasa Indonesia. Padang : Sukabina Offset.

Afandi, Iswan. (2018). Analisis Penggunaan Frasa Nomina Dari Segi Sintaksis Dalam TeksAkademik (Tesis). Universitas Negeri Malang.

Alber, A. (2018). Analisis Kesalahan Penggunaan Frasa pada Tajuk Rencana Surat Kabar Kompas. Madah, 9(1), 55-62.

Amalia, Sofia. (2020, 29 September). ”Ketika Ruang Kelas Memperlambat Kreativitas”. Diakses dari https://www.kompasiana.com/sofia05839/5f73222ad541df46aa06b4d2/ketika-ruang-kelas-memperlambat-kreativitas?page=3

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul.2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Danial, A. (2017). Fungsi Internal Dan Kategori Frase Nomina Dalam Journal of the Poetic and Linguistic Association Vol 11 (Analisis Sintaksis). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(1).

Djarwowidjojo, Soenjono. 2005. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

H.P. Ahmad, 1996. Linguistik Umum. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasanudin, C. (2018). Kajian sintaksis pada novel sang pencuri warna karya yersita. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 19-30.

Katartika, E. (2018). Analisis IC Frasa Nomina pada Artikel Bertema Budaya di Majalah Deutsch Perfekt.

Melani, S., Supadi, S., & Suryadi, S. (2019). Analisis Frasa Pada Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(2), 210-220.

Ramlan. 2005. Sintaksis. Yogyakarta: C.V. Karyano

S, Ermawati. 2019. Struktur Frasa Pada Bungkus Makanan Berbahasa Indonesia. Universitas Islam Riau, 7(1).

Shafira, Tiara Aviolieta and , Dr. Yakub Nasucha, M.Hum,. (2019). Analisis Penggunaan Frasa pada Karangan Siswa SMP N 16 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, R Nana Syaodih. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supadi, Suryadi. (2020). Analisis Frasa Pada Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

Tarigan, H.G. 1984. Prinsip Dasar-Dasar Sintaksis. Bandung:Angkasa.

Wahyuni, R.T., Darmuki. A., & Hasanudin, C. (2019). Analisis Pola, Fungsi, Kategori, Dan Peran Sintaksis Pada Kalimat Tunggal Dalam Surat Kabar Harian Kompas. Jurnal Bahtera- Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Dan Budaya, 6 (12).

Wulandari, B. (2018). Frasa Nomina Beratribut Nomina Dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(1) 13-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v6i1.1783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing