DEIKSIS DALAM ADEGAN FILM KETIKA CINTA BERTASBIH KARYA SUTRADARA CHAIRUL UMAM

M. Khoiri, Ach. Afif Gufron Afif Gufron Gufron

Abstract


Tujuan peneliopdtian ini adalah untuk menjelaskan bentuk-bentuk deiksis dalam film “Ketika Cinta Bertasbih”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sehingga data yang diambil merupakan data kualitatif, dimana keseluruhan data diperoleh, diolah dan disajikan dalam bentuk uraian naratif bukan dalam bentuk statistik. Adapun data juga bersifat deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti dalam hal ini mencoba sebagai orang maha tahu untuk mendeskripsikan masalah-masalah tanpa mengabaikan aturan-aturan yang berlaku. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa deiksis yang dilakukan tokoh Azam ketika berdialog dengan tokoh lainnya tidak hanya menggunakan satu macam deiksis saja, akan tetapi menggunakan empat macam deiksis, yaitu deiksis orang (meliputi kata ganti orang pertama, kata ganti orang kedua, dan kata ganti orang ketiga), deiksis tempat (di sini, di situ, dan di sana), deiksis wacana, dan deiksis waktu (tadi sore, kemarin, tadi pagi, dan beberapa tahun).

Keywords


deiksis, film, pragmatik

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada.

Kiswanto, Y., & Khoiri, M. (2019). Fenomena Makna Pada Tulisan Di Kaos Oblong Remaja Sampang. Jurnal Komposisi, 4(1), 33–40.

Kurniati, L. (2016). Strategi Kreatif Bahasa Iklan di Surat Kabar. Jurnal Pesona, 2(1).

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, B. M., & Widiharto, C. A. (2014). Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Saptaria, R. El. (2006). Acting Hand Book: Panduan Praktis Akting Film dan Teater (Cet.1.). Rekayasa Sains.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v5i1.1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing