PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMPN 6 PAMEKASAN

Laili Amalia

Abstract


Dunia pendidikan saat ini umumnya hanya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional saja, sehingga dalam pelaksanan kegiatan belajar
mengajar berlangsung monoton dan membuat siswa sulit untuk menerima pelajaran dengan baik. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam pendekatan pembelajaran ini siswa belajar untuk mencari sendiri makna dari apa yang dipelajarinya dan siswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMPN 6 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 6 Pamekasan semester II tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah responden 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 34 siswa untuk kelas control. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode tes, dan analisis datanya menggunakan uji-t. Kesimpulan penelitian ini adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMPN 6 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016.


Keywords


Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Menulis Karangan Narasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan

Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

----------. 2006. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bugin, M Burhan. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi,

Ekonomi dan Kebijakan Politik Serta Ilmu-ilmu Sosial lainnya.

Jakarta: Kencana.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta : BPFT

----------. 2001. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R &D. Bandung: Alfabeta.

----------. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutomo, 1993. Dasar-dasar Interaksi Beajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Theacing And Learning). Jakarta: Cerdas Pustaka.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pegantar. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/jk.v1i2.123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Supported by:

Indexing