PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SEMERTER I SMAN 4 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Munawaroh Munawaroh

Abstract


Materi kimia yang sebagian besar bersifat abstrak cukup menyulitkan guru dalam menanamkan konsep. Penelitian Pembelajaran kimia terutama pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan metode Role Playing sangat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah penelitian sebagai berikut 1. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi siswa dalm pembelajaran kimia. 2. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan kwalitas  pembelajaran kimia karena guru lebih inovatif. Dengan tujuan Meningkatkan motivasi belajar,ketuntasan belajar pada siswa dan meningkatkan kualitas guru untuk lebih inovatif  pada materi pelajaran kimia melalui metode Role Playing. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket pra penelitian maupun pasca penelitian, lembar  observasi untuk pengamat (kolaborator), LKS untuk 2 siklus dan soal evaluasi untuk 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Pamekasan kelas X MIPA tahun pelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian diperoleh Penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi belajar siswa ,  mampu meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dan  guru akan merasa tertantang untuk lebih inovatif dalam setiap pembelajaran.

Keywords


Role Playing, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif sebagai solusi mengakhiri dominasi pembelajaran guru, WorkShop (Life Skill)

Maslow, Abraham. 2010. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: PT Pustaka Binaman Presindo.

Mulyasa E. 2015. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning. Bandung: Nusa Media.

Usman, Uzer. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wibawa, Basuki. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.