PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA KELAS X SEMERTER I SMAN 4 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Munawaroh Munawaroh
Abstract
Materi kimia yang sebagian besar bersifat abstrak cukup menyulitkan guru dalam menanamkan konsep. Penelitian Pembelajaran kimia terutama pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan metode Role Playing sangat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar yang pada akhirnya bisa meningkatkan hasil belajar. Adapun rumusan masalah penelitian sebagai berikut 1. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi siswa dalm pembelajaran kimia. 2. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa. 3. Apakah penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan kwalitas pembelajaran kimia karena guru lebih inovatif. Dengan tujuan Meningkatkan motivasi belajar,ketuntasan belajar pada siswa dan meningkatkan kualitas guru untuk lebih inovatif pada materi pelajaran kimia melalui metode Role Playing. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket pra penelitian maupun pasca penelitian, lembar observasi untuk pengamat (kolaborator), LKS untuk 2 siklus dan soal evaluasi untuk 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMAN 4 Pamekasan kelas X MIPA tahun pelajaran 2015-2016. Dari hasil penelitian diperoleh Penggunaan metode Role Playing mampu meningkatkan motivasi belajar siswa , mampu meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dan guru akan merasa tertantang untuk lebih inovatif dalam setiap pembelajaran.
Keywords
Role Playing, Motivasi Belajar
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Model-model Pembelajaran Inovatif sebagai solusi mengakhiri dominasi pembelajaran guru, WorkShop (Life Skill)
Maslow, Abraham. 2010. Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: PT Pustaka Binaman Presindo.
Mulyasa E. 2015. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Silberman, Melvin L. 2004. Active Learning. Bandung: Nusa Media.
Usman, Uzer. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Wibawa, Basuki. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan
ISSN: 1412-2952
INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:
Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index
Email: interaksi@unira.ac.id
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.