PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBERED HEAD TOGETHER) TERHADAP PROGRAM BELAJAR SENAM DI SDN KAJJAN 02 BLEGA BANGKALAN

Suali Suali

Abstract


Pembelajaran senam membutuhkan perhatian khusus karena Senam merupakan salah satu cabang olah raga yang mengandalkan aktivitas, baik sebagai olah raga sendiri maupun untuk cabang olah raga lain. Kenyataan yang terjadi adalah penguasaan siswa terhadap materi senam masih tergolong rendah jika dibanding dengan mata pelajaran lain. Kondisi seperti ini terjadi pula pada SDN Kajjan 02 Blega, Bangkalan Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan siswa kelas VI bahwa penguasaan materi Senam oleh siswa masih tergolong rendah. Banyak siswa yang kurang aktif dalam mengaplikasikan atau memberikan komentar ketika diberikan perintah oleh guru. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada SDN Kajjan 02 Blega, Bangkalan menunjukkan bahwa pembelajaran senam di sekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvesional yakni suatu model pembelajaran yang banyak didominasi oleh guru, sementara siswa duduk secara pasif menerima informasi pengetahuan dan keterampilan. Hal ini diduga merupakan salah satu penyebab terhambatnya kreativitas dan kemandirian siswa sehingga menurunkan prestasi belajar mata pelajaran senam. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif. Melalui model pembelajaran kooperatif siswa diharapkan dapat mengemukakan pemikirannya, saling bertukar pendapat, saling bekerja sama jika ada teman dalam kelompoknya yang mengalami kesulitan. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mengkaji dan menguasai materi pelajaran Senam sehingga nantinya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


pemahaman siswa, numbered head together, belajar senam

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2012. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) (Online), http://blog.tp.ac.id. (diakses tanggal 19 Pebruari 2012)

Ardiansyah, M. Asrori. 2011. Cara Menentukan Prestasi Belajar (Online), http:/kabar-pendidikan.blogspot.com.(diakses tanggal 27 Nopember 2011)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mulyasa, Enco. 2004. Implementasi Kurikulum 2004 – Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Jawa Timur: Depdiknas Dirjen Dikwen LPMP.

Nurhadi dan Senduk, Agus Gerrad. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Purwanto. M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Cara Efektif dan Menyenangkan Pacu Prestasi Seluruh Peserta Didik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Darwyan Dkk. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Tim Prima Pena. 2006. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya. Gitamedia Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.