MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA PUISI DENGAN LAFAL YANG TEPAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION ( STAD ) KELAS II B

Muhamad Jailani Supyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui penggunaan model Pembelajaran Student Teama Achivemien Devision (STAD) pada siswa Kelas II b semester I SDN Kangenan 1 Kec. Pamekasan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data kualitatif hasil pengamatan kemampuan membaca dianalisis menggunakan analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dengan siklus II, sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II, kemudian direfleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model Pembelajaran Student Teama Achivemien Devision (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas II b semester I SDN Kangenan 1 Kec. Pamekasan semester I tahun pelajaran 2018/2019. Kemampuan membaca puis, siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 7 siswa (33,3 %) yang mendapat nilai tuntas menjadi 21 siswa (100%). Terjadi peningkatan sebanyak 14 siswa (66,7 %) dan nilai rata-rata kelas dari 56 menjadi 73, meningkat sebesar 17.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.