MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA MELALUI TEKNIK ROLE PLAY PADA SISWA KELAS XI IPA SMA DARUSSYAHID SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan siswa dengan
teknik role playing dan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik Role Play dapat
meningkatkan kemampuan speaking siswa kelas XI IPA SMA Darussyahid Sampang.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas XI dengan jumlah siswa 15 orang. Hasil pembelajaran
pada siklus I masih kurang mampu meningkatkan kemampuan speaking siswa. Hal ini
dilihat dari aktivitas siswa yang tercepai 65 %, keterampilan berkomunikasi mencapai
60 % penggunaan tata bahasa 55 %, dan kemampuan bekerja sama 65 %. Hasil
pembelajaran siklus II menujukkan bahwa tingkat aktivitas siswa meningkat dari 65 %
menjadi 100 %, keterampilan berkomunikasi juga meningkat dari 60 % menjadi 92 %,
penggunaan tata bahasa meningkat dari 55 % menjadi 96 %, dan kemampuan bekerja
sama neningkat dari 65 % menjadi 100 %. hHasil perbaikan pembelajaran siklus II
sangat memuaskan. Hasil ini menunjukkan pada perbaikan pembelajaran pada siklus II
mampu meningkatkan kemampuan speaking siswa sehingga mencapai kriteria
ketuntasan yang ditetapkan ( nilai ≥ 70 ).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan
ISSN: 1412-2952
INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:
Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index
Email: interaksi@unira.ac.id
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.