PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG MAGNET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V UPTD SDN LOMBANG DAJAH 3 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

H. Mukid

Abstract


Rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang materi Magnet di
Kelas V UPTD SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan perlu
untuk diperbaiki. Guru merancang penelitian tindakan kelas (PTK) yang difokuskan
pada model pembelajaran yang tepat dan efektif, yaitu model pembelajaran Project
Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar
IPA tentang magnet melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa
kelas V UPTD SDN Lombang Dajah 3 Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan tahun
pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam dua siklus
pembelajaran. Dalam setiap siklus pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, yaitu siklus I
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM = 65) ada 15 siswa dari 27 siswa atau 55,56% dan yang belum mencapai
ketuntasan belajar ada 12 siswa atau 44,44% dengan nilai rata-rata hasil belajar 64,26.
Siklus II siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar sesuai dengan KKM ada 25
siswa dari 27 siswa atau sudah mencapai 92,59%, sedangkan yang belum mencapai
ketuntasan belajar ada 2 siswa atau 7,41% dengan nilai rata-rata hasil evaluasi 82,13.
Maka pelaksanaan pembelajaran siklus II menunjukkan keberhasilan dengan adanya
peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.