PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KARANGPANASAN KECAMATAN BLEGA KABUPATEN BANGKALAN

Damanhuri Damanhuri

Abstract


Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) bisa berhasil apabila sesuai
dengan nurani manusia yang selalu haus akan makna, mampu memuaskan kebutuhan
otak untuk mengaitkan informasi baru dengan pengatahuan yang sudah ada,
merangsang pembentukan struktur fisik otak dalam rangka merespons lingkungan dan
sesuai dengan kerja alam. Dengan menggunakanpembelajaran contextual teaching and
learning dalam proses pembelajaran dapat bervariasi, maka dapat diatasi sikap pasif
peserta didik. Dalam hal ini pembelajaran contextual teaching and learning berguna
untukmenimbulkan kegairahanbelajar, memungkinkan interaksi yang lebih antara siswa
dengan lingkungan serta menimbulkan iklim belajar yang menyenangkan (joyfull
learning).


Keywords


Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka cipta.

Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makana Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inufatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.