PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SDN BATES 3 KECAMATAN BLEGA KABUPATEN BANGKALAN

Santoso Sugeng

Abstract


Model LT (Learning Together) adalah Para siswa dikelompokkan ke dalam tim
dengan empat sampai lima orang per tim dan heterogen kemampuannya. Para
siswa bekerja sebagai suatu kelompok untuk menyelesaikan sebuah produk
kelompok, berbagai gagasan, dan membantu satu sama lain dengan jawaban,
dan meminta bantuan dari teman yang lain sebelum bertanya kepada guru, dan
si guru memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan kinerja
kelompok. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas V SDN Bates 3, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Tahun
2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi
kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar
siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I
(67,44%), siklus II (79,01%), siklus III (90,70%). Metode pembelajaran
kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dam motivasi belajar
siswa kelas V SDN Bates 3, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, Tahun
2018/2019, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif pembelajaran PPKn.


Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Learning Together, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusuawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsismi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: YP.Fak. Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAUPPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surakhmad, Winarto. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.