ANALISIS KESALAHAN BAHASA TULIS DALAM SURAT IZIN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS MADURA PAMEKASAN TAHUN 2018

Kusyairi Kusyairi

Abstract


Ragam lisan adalah berbahasa lisan atau dalam menyampaikan informasi secara lisan. Ragam tulis adalah berbahasa tulis atau dalam menyampaikan informasi secara tertulis, agar komunikasi dalam bahasa tulis dapat mencapai sasaranya dengan baik, maka harus diupayakan menyusun struktur kata dan penggunaan tanda baca sedemikian rupa, Ragam tulis sering digunakan oleh masyarakat terutama dalam surat izin Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Pamekasan. Surat sebagai sarana komunikasi tertulis mempunyai kelebihan – kelebihan jika dibandingkan dengan alat – alat komunikasi lisan karena surat merupakan bukti nyata “Hitam diatas Putih” Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana wujud kesalahan pilihan kata, (2) Bagaimana wujud kesalahan kalimat, (3) Bagaimana wujud kesalahan ejaan. Sesuai dengan rumusan masalah yang ada penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pilihan kata, struktur kalimat, dan ejaan, ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan surat izin. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian berdasarkan cara pembahasannya. Jadi, penelitian mencatat, mengelompokkan lalu menguraikan data, maka peneliti sendiri bertindak sebagai instrument. Hal ini karena dalam kegiatan pengumpulan data maupun analisis data dibutuhkan ketajaman berfikir, kepekaan rasa, dan kensentrasi sungguh – sungguh. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa didalam penulisan surat izin ditemukan adanya kesalahan pada pilihan kata, struktu kalimat, dan ejaan di dalam ragam tulis.

Keywords


Kesalahan Pilihan Kata, Kalimat, Ejaan dan Surat Izin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.