PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ISLAMI PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII MTs

Sri Indriati Hasanah, Yuni Hidayati

Abstract


Guru sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik harus mempunyai kemampuan menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran yang baik, sehingga dapat mengkomunikasikan bahan pelajaran guna terciptanya proses belajar mengajar yang efektif. Terutama pada siswa yang sekolah dalam lingkungan pondok pesantren. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik (PMR) bernuansa islami. Dimana pembelajaran matematika realistik (PMR) bernuansa islami, merupakan salah satu pendekatan yang menekankan pada masalah kontekstual (contextual problem) siswa dilingkungan pondok pesantren, melalui pemahaman masalah yang bernuansa islami, penyelesaian masalah, membandingkan dan mendiskusikan jawaban, dan menarik kesimpulan diharapkan dapat membuat siswa lebih aktif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Matsaratul Huda pamekasan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik bernuansa islami lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Matsaratul Huda Pamekasan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan komparatif.Dari hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan analisis uji- t, diperoleh thitung =    . dk= 46, pada taraf signifikan 5% diperoleh harga ttabel  = 2,014    sehingga thitung > ttabel . Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik bernuansa islami lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Matsaratul Huda Pamekasan Tahun Pelajaran 2013-2014.

Keywords


Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Islami, Bangun

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.