PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI POKOK SEGITIGA DAN SEGI EMPAT

Sri Indriati Hasanah

Abstract


Dalam proses pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu proses  interaksi antara guru dan siswa. Dilihat dari realita yang ada, kebanyakan seorang guru dalam mengajar kurang memperhatikan model pembelajaran yang akan diterapkan, antara materi yang satu dengan materi yang lainnya menggunakan metode pembelajaran yang sama, sehingga menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat kurangnya minat belajar. Minat belajar akan tumbuh dan siswa akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran jika guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok segitiga dan segi empat kelas VII SMP Negeri 1 Proppo tahun pelajaran 2011/2012.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni dengan mengambil dua sampel kelas. Untuk kelas VII-A dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VII-E dengan jumlah siswa 29 orang sebagai kelas kontrol (pembanding) yang diajar dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data yang digunakan adalah uji - t kelompok bebas.

Dari hasil analisis data diperoleh thitung = 1,94 dengan dk= 57 dan taraf signifikan 5% didapat ttabel = 1.67, dengan demikian thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok segitiga dan segi empat kelas VII SMP Negeri 1 Proppo tahun pelajaran 2011/2012.


Keywords


NHT, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.