PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMPN 3 PAMEKASAN

Suci Harjanti

Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini adalah memperbaiki proses pembelajaran dan secara khusus penelitian ini bertujuan:   untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 3 Pamekasan. Subyek penelitian ini adalah kelas IXC yang berjumlah 37 siswa. Dari analisis data menunjukkan bahwa guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik sehingga kegiatan pembelajaran berjalan efektif. Pada siklus 1 nilai partisipasi siswa yang masuk katagori baik dan sangat baik mencapai 80,50%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 97,22%.  Dengan demikian partisipasi siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,72%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 hasil ulangan harian mencapai rata-rata 64,17 dan ketuntasan klasikal 72,22%. Pada siklus 2, hasil ulangan harian mencapai rata-rata 68,61 dengan ketuntasan klasikal 80,55%. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai rata-rata klasikal sebesar 4,44 dan ketuntasan klasikal sebesar 8,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMPN 3 Pamekasan

Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Partisipasi, Hasil Belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Corebima, D. 2002. Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Nur, M. 2000. Strategi startegi Belajar, Surabaya Program Pasca Sarjana Unesa.

Nur, M. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Semiawan, C dkk. 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana, Indonesia.

Susanto, P. 2002. Keterampilan Dasar Mengajar IPA Berbasis Konstruktivisme. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tim Pelatih Proyek PGSM.. 1999. Penelilian Tindakan Kelas (Classroom Action Research.). Jakarta: Depdikbud.

Wartono, dkk. 2004. Model-model Pengajaran Dalum Pembelajaran Sains, Depdiknas: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.