PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rohmah Indahwati, Septi Dariyatul Aini, Djoko Ribowo

Abstract


Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan berfokus kepada proses dan langkah-langkah yang diambil secara teliti yang dapat dipertanggungjawabkan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan Berpikir Kritis siswa adalah strategi pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) yang merupakan suatu strategi untuk menganalisis permasalahan melalui berbagai cara untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya dan bagaimanakah pengaruh penerapan Strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah tes, dimana respondennya sebanyak 14 orang. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan Product Moment dan diperoleh r kerja lebih besar dari harga kritik r yakni , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisi data, dapat disimpulkan bahwa: Penerapan strategi Means-Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Al Hayyan Karduluk Kec. Pragaan Kab. Sumenep Tahun Pelajaran 2017/2018 Strategi Means-Ends Analysis (MEA) sangat berpengaruh khususnya pada pemecahan masalah yang unik/tidak seperti biasanya.

Keywords


Strategi Means-Ends Analysis (MEA), Kemmpuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, cet.6.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Buskist, William dan Jessica G. Irone. 2008. Simple Strategies for Teaching Your Student to Think Critically dalam Teaching Critial Thinking in Psychology. Editor: Dunn, dkk. Singapore: Wiley-Blackwell.

Dina, Mayadiana. 2009. Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.

Education. 2011. Audiovisual and Culture Executive Agency, Mathematics Education in Europe: Common Challenges and National Policies. Brussels: EACEA P9 Eurydice.

Fisher, Alec . 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gunawan, Adi W. 2006. Genius Learning Strategi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indahwati,Rohmah. 2016. Level Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memecahkan Masalah Geometri Analitik. Prosiding Semnasdik 2016 Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Madura

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.