PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS II SMP NEGERI 4 MALANG

Sri Ismawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika di kelas II SMP Negeri 4 Malang. 2) untuk mengetahui seberapa besar penerapan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar fisika di kelas II SMP Negeri 4 Malang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berupa metode pembelajaran pembelajaran koopertaif model Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B yang terdiri dari 45 siswa dengan jumlah siswa laki-laki 19 orang dan jumlah siswa perempuan 26 orang. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) paparan data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya persentase tingkat ketercapaian pada setiap 5 unsur kooperatif, yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab perseorangan, tatap muka, komunikasi antar kelompok, dan evaluasi proses kelompok. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa prestasi belajar fisika siswa meningkat dari 64,29% (kemampuan awal) menjadi 66,37% (hasil akhir siklus I) sebesar 3,24% dan meningkat dari 66,37% (hasil akhir siklus I) menjadi 71,08% (hasil akhir siklus II) sebesar 7,09%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan merode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan prestasi belajar fisika siswa kelas II SMP Negeri 4 Malnag.

Keywords


Model Jigsaw, proses pembelajaran, Prestasi belajar fisika

Full Text:

PDF

References


Ariyani, H. 2004. Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw untuk Meningkatkan proses dan Hasil Belajar Sistem Koordinasi Siswa Kelas 2 SMA Negeri 2 Sumenep. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Kurikulum Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas.

Dwiyono. 2004. Laporan Piloting Berjudul: Pembelajaran Kooperatof Model STAD sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Malang. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsiati, T. 1999. Penelitian Tindakan Kelas dalam Pengajaran Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang.

Koes, S. 2003. Strategi Pembelajaran. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Media Widiasarana Indonesia.

Moleong, L. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwono, I. 2000. Fisika2 untuk SLTP Kelas 2. Surakarta: Pabelan.

Rachmawati, H. 2002. Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatof Model Jigsaw dalam Mencapai Ketuntasan Belajar Fisika Siswa Kelas I SMU Negeri Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Sakdiyah, H. 2002. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw terhadap Belajar Fisika Siswa Kelas I SMU Negeri 3 Pamekasan Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Sardiman, A. M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Taranggono, A. 2001. Fisika 2 untuk SLTP Kelas 2 Kurikulum 1994. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.