PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CARA PENYESUAIAN DIRI HEWAN UNGGAS DAN SERANGGA MELALUI PENERAPAN METODE PIGURA BELSA

Ali Harsojo

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa kelas va melalui penerapan metode pigura belsa (pembelajaran integrasi guru anak belajar sains) di sdn pajagalan II sumenep tahun ajaran 2017/2018. Subjek  penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalahi teknik observasi langsung, Wawancara tertutup, kuesioner dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui  bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I sampai pada siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar yang signifikan yaitu 80,6. Hal ini mengalami peningkatan sekitar 9,9 poin dari rata-rata pada siklus sebelumnya yaitu 70,7. Sedangkan ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebelumnya 62,5 % naik menjadi 87,5% dengan kenaikan/ peningkatan sekitar 25%.

Keywords


Kemampuan, Penyesuaian Diri, Pigura Belsa

Full Text:

PDF

References


Lestari, Indriyani Puspo. 2005. Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Pemodelan pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Semarang Tahun Ajaran 2004/ 2005.(skripsi) Posted by dian_dewi on 27 December, 2010 diakses tanggal 28 Desember 2010 pukul 11.00 WIB)

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Lestari, H, dkk.2007. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta. Universitas Terbuka

Hadi, S. 2011. Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Artikel. smpn1gumukmas01.blogspot.com/.../normal-0-false-false-false-e... - Tembolok. Diakses tanggal 02 Agustus 2011 pukul 20.00 WIB.

Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Surianto. 2009. Teori Pembelajaran Konstruktivisme «Surianto200477'sWeblog urianto200477. wordpress.com/.../ teori-pembelajaran-konstruktivisme - TembolokMirip. Diakses tanggal 02 Agustus 2011 pukul 20.00 WIB.

Sutarno, Nono. 2007. Materi Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di SD. Jakarta Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.