STRATEGI PENGAJARAN TERBALIK (RECIPROCAL TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ukhti Raudhatul Jannah

Abstract


Kesulitan yang dialami siswa dalam  memahami materi bilangan bulat terutama pada pengoperasian nya, siswa bingung dalam menentukan  mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu dan seringkali kesulitan dalam  menentukan hasil akhirnya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah, yang ditunjukkan dengan hasil pre-test siswa tentang bilangan bulat masih banyak di bawah KKM. Untuk itu, penelitian ini menerapkan strategi pengajaran terbalik (reciprocal teaching) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 1 Larangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dan dilakukan selama dua siklus. Kesimpulan dari penelitian adalah hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan penggunaan  strategi reciprocal teaching semakin baik dan meningkat pada tiap siklusnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan  strategi reciprocal teaching dapat membantu siswa dalam  memahami materi tersebut dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika.

Keywords


Bilangan Bulat, Reciprocal Teaching

Full Text:

PDF

References


As’ari, 2000. Mengapa Perlu Penelitian Tindakan. Makalah disampaikan dalam Penelitian Action Research Tingkat Nasional bagi para instruktur inti, Cipete, Jakarta.

Ratumanan, Tanwey Gerson. 2002. Belajar Dan Pembelajaran: Surabaya: Unesa University Press

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktuvistik. Jakarta: Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.