TEORI DIENES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ukhti Raudhatul Jannah

Abstract


Abstrak: Dienes mengemukakan bahwa tiap-tiap konsep atau prinsip dalam matematika yang dijsakian dalam bentuk yang konkret akan dapat dipahami dengan baik. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau obyek-obyek dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pelajaran matematika. Jika matematika diajarkan dengan teori Dienes (permainan), maka siswa akan lebih tertarik untuk belajar. Teori Dienes terdapat enam tahap berurutan dalam belajar matematika, yaitu: (1) Permainan bebas (free play), (2) Permainan yang menggunakan aturan (games), (3) permainan mencari kesamaaan sifat (searching for comunities), (4) Permainan dengan representasi (representation), (5) Permainan dengan simbulisasi (symbulizaion), (6) Formalisasi (formalization).

Keywords


teori dienes, pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Hudojo, Herman. 1988 Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Usaha Nasional.

Hudojo, Herman. 2005. Pengajaran Matematika dalam Pendidikan Abad XXI. Kapita Selekt Pembelajaran Matematika. Malang: Magelang Sebelas Malang.

Karso, dkk. 2008. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematik Kontenporer. Bandung: JIC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.