PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PRISMA

Septi Dariyatul Aini, Chairul Fajar Tafrilyanto, Abdus Suhud

Abstract


Dewasa ini pendidikan merupakan masalah utama pemerintah khususnya masalah peningkatan mutu pendidikan, karena pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemajuan bangsa. Dalam hal ini diperlukan proses belajar mengajar untuk menekankan peran aktif siswa dan dapat melatih siswa agar mampu berfikir logis, kritis, sistematis dan kreatif. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan meningkatkan motivasi pada diri siswa, maka digunakan metode Inquiry karena melalui metode inquiry ini siswa dituntut untuk belajar aktif, berpikir secara kritis dan analitis mencari dan menemukan jawaban dari permasalahan-permasalahan yang diberikan. Tujuan dari penilitian ini ingin mengetahui aktifitas siswa, respon dan ketuntusan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode inquiry pada pokok bahasan prisma kelas VIII MTs Al Islah Pasanggar Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Islah Pasanggar dengan subjek 21 siswa. Dari hasil analisis yang diperoleh bahwa aktifitas siswa termasuk kategori baik, respon siswa adalah positif, dan ketuntasan hasil belajar siswa dapat dikatakan tuntas. Sehingga dapat dikatakan penerapan metode inquiry efektif dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan prisma kelas VIII MTs Al Islah Pasanggar Pegantenan Pamekasan.

Keywords


Metode Inquiry, Pembelajaran Matematika, Prisma.

Full Text:

PDF

References


Aini, Septi Dariyatul dan Hasanah, Sri Indriati . Hasil Belajar Matematika Antara Siswa yang Diajar Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah Model Polya dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Sigma : Vol 1, No. 2, 47-51. ISSN 2502-0919.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Saodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winarno, Surakhmad. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode,dan Teknik. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sumber Daya Manusia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 INTERAKSI Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.