Penggunaan Metode Simpleks untuk Memaksimalkan Target Sales pada Penjualan Paket Internet

Yuliana Trisanti, Hairus Saleh

Abstract


Saat ini sudah banyak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang sehingga persaingan antar perusahaan terjadi semakin ketat dalam mendapatkan keuntungan. Banyak cara yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan, salah satunya adalah dengan memberikan target penjualan suatu produk paket Internet kepada karyawan bagian sales.

Pengadaan sales dapat dilakukan melalui perusahaan alih daya (outsourcer) dan diberikan target penjualan dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan dan insentif sales. Artikel ini bertujuan untuk menentukan jumlah target penjualan yang didistribusikan kepada beberapa tingkatan sales, agar diperoleh insentif maksimum. Perolehan insentif maksimum bagi sales menunjukkan tingginya tingkat penjualan yang mana dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Untuk menentukan distribusi penjualan paket Internet yang optimal, maka digunakan metode Simpleks, yaitu salah satu metode penyelesaian dalam program linier sebagai teknik pengambilan keputusan untuk mencari nilai optimal. Melalui metode simpleks dilakukan analisis untuk mengetahui alokasi jumlah penjualan paket Internet perbulan oleh sales yang optimal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dimana pengolahan data dibantu dengan aplikasi QM For Windows. Hasil dari penelitian menunjukkan jumlah alokasi paket Internet yang harus dijual per bulan oleh tiap tingkatan sales agar dicapai target optimal sehingga meningkatkan insentif para sales dan juga meningkatkan keuntungan perusahaan.

Keywords


Sales, Program Linier, Metode Simpleks, QM For Windows.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 INTERAKSI : Jurnal Kependidikan



ISSN: 1412-2952

INTERAKSI are abstracting & indexing in the following databases:

Published by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan Phone: (0324) 322231
website: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/index

Email: interaksi@unira.ac.id

Creative Commons License
INTERAKSI Jurnal Pendidikan by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.