EVALUASI EFEKTIVITAS E-RAPOR DENGAN PENDEKATAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI KABUPATEN SUMBA TIMUR

Melinda Safira Remi, NLGE Sulindawati, BR Werang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara terpisah maupun bersamaan komponen context, input, process, product serta kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksaanan sistem informasi manajemen e-rapor di SMA Negeri Kabupaten Sumba Timur. Penelitian ini menggunakan model CIPP. Populasi yang diteliti berjumlah 110 orang, yang terdiri dari keseluruhan guru di tiga SMA Negeri Kabupaten Sumba Timur yaitu SMA Negeri Lewa Tidahu, SMA Negeri 1 Nggoa, dan SMA Negeri 1 Lewa. Sampel penelitian terdiri dari 107 guru. Data pada setiap variabel dalam penelitian ini diperoleh melalui kuisioner yang mengacu pada skala likert 1-4. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Efektivitas sistem informasi manajemen e-rapor diukur dengan mengubah skor mentah menjadi Z-skor, kemudian ditransformasikan menjadi T-skor serta diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa memperoleh hasil efektif (+). Contetx ∑ (+) > ∑ (-) sehingga menghasilkan + (efektif), untuk variabel input ∑ (+) > ∑ (-) sehingga menghasilkan + (efektif), untuk variabel process ∑ (+) > ∑ (-) sehingga menghasilkan + (efektif), dan untuk variabel product ∑ (-) > ∑ (+) sehingga menghasilkan - (tidak efektif). Jadi secara keseluruhan mendapatkan menghasilkan (+ + + -) efektif. Kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan sistem informasi manajemen e-rapor telah dicarikan alternatif solusinya, yang mencakup pengelola program yang masih berstatus honorer, struktur organisasi yang perlu diperbaiki, keterbatasan kemapuan pendidik, dana yang masih terbatas, jaringan internet yang kurang memadai, serta kurangnya sosialisasi mengenai pedoman program e-rapor.


Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A. (2022). Rumah Sebagai Arena Pendidikan: Adaptasi dan Strategi Orangtua di Perkotaan Mendidik Anak di Masa Pandemi. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v13i1.2168

Agung. (2018). Metode Penelitian: Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development.

Agung, A. A. G., & Koyan, I. W. (2016). Evaluasi Program Pendidikan (Fungsi Manajemen Kontrol). Undiksha.

Anggi, M., Fatoni, & Ariandi, M. (2015). “Analisis Infrastruktur Jaringan Komputer Sistem Dapodik Pada Sma Di Kota Prabumulih Menggunakan Metode Top Down,” Binadarma,. 1(13).

Andina, E. (2020). Eksplorasi Sikap Pembaca terhadap Wacana Kebijakan Program Pendidikan Kejuruan Empat Tahun Exploration of Readers ’ Attitudes towards the Discourse of the Four-Year Vocational Education Program Policy Pendahuluan Provinsi melalui Surat Keputusan Bersama. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), 135–155. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1744

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Cepi, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoretis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Bumi Aksara.

Aristya, S. (2023). CIPP: Implementation of the Educational Evaluation Model. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 72-81.

Brinkerhoff, R. O. (1986). Expanding Needs Analysis. In Training & Development Journal (Vol. 40, Issue 2, pp. 64–65). American Society for Training & Development.

Costello, M. L., & Slee, E. J. (1991). Educational evaluation: Alternative approaches and practical guidelines: by Blaine R. Worthen and James R. Sanders. White Plains, New York: Longman, Inc., 1987, xiv + 450 pp. ISBN 0-582-28551-8 (pbk) ISBN 0-8013-0128-9. Evaluation and Program Planning, 14, 415–417. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:58198040.

Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif : Ancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian Untuk Mahasiswa Dan Peneliti Pemula Bidang-Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:164835790.

Darodjat, & Wahyudhiana. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. Islamadina, 1(1), 1– 28.

Dewi, A. P. (2023). Analisis Usability Sistem Aplikasi Netraku Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Teknik Informatika Unika ST. Thomas (JTIUST), 08(02), 2657– 1501.

Dewi, A. P., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Di Sekolah Dasar Negeri 08 Batang Anai. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 125-130.

Djarwanto. (1994). Statistik Induktif : Pendekatan Penelitian. BPFE UGM.

Djarwanto, P. S. (2010). Statistik Induktif BPFE.

Fitzpatrick, J. L., Sanders, J. R., & Worthen, B. R. (1987). Program Evaluation: Alternative Approaches and Practical Guidelines. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:26584224.

Hikmah, R. L., Ramdani, A., & Asrin, A. (2021). Manajemen Program E-Rapor di SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3).

Jaffar, M., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Efektivitas Penggunaan E-Rapor di SMA NEgeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. 8.

Luma, M., Tola, A., & Hadirman, H. (2020). Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(2), 186-204.

Miftachul, J., & Mudjito. (2019). Manajemen Program Penilaian Hasil Belajar Berbasis E-Rapor di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Insipirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/27832.

Putri, N. A. M., Aknuranda, I., & Rusydi, A. N. (2020). Evaluasi Sistem E-rapor Direktorat PSMA Terhadap Aspek Usability dan Utility (Studi Kasus: SMAN 1 Tuban). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(7), 2144–2153.

Roekminiati, S., Astuti, C., & Kamariyah, S. (2018). Evaluasi Pelaksaaan E Rapor Pasca Peralihan Pengelolaan Oleh Pemerintah Provinsi (Studi. Laporan Penelitian Program Studi, 85.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature review: evaluasi keterlaksanaan kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi cipp (context, input, process, dan product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220-7232.

Winurini, S. (2021). Pengembangan Skala Orientasi Masa Depan Pendidikan pada Remaja Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 179–193. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2495




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aspirasi.v6i2.2745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Published by Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website:http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aspirasi

Email: aspirasi@uniira.ac.id 

Creative Commons License
ASPIRASI by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.