RESPONSIVITAS DINAS PEMUDA OLAHRAGA BUDAYA DAN PARIWISATA DALAM PEMELIHARAAN FASILITAS PENDUKUNG OLAHRAGA DI KABUPATEN SAMPANG

Nahrul Hayat Maulidi, Mohammad Fahrur Rozi, Andi Malanti K. Paerah

Abstract


Penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan publik di Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kabupaten Sampang, dengan fokus pada enam indikator kualitas pelayanan menurut kerangka Zeithaml. Indikator-indikator tersebut meliputi responsivitas, kecepatan, ketepatan, kecermatan, ketepatan waktu, dan penanganan keluhan pelanggan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinas tersebut telah menunjukkan kemajuan signifikan dalam meningkatkan pelayanan, terutama dalam memberikan pelayanan yang responsif dan tepat waktu kepada masyarakat. Namun, masih terdapat beberapa area yang perlu diperbaiki, seperti meningkatkan kecepatan pelayanan dan memenuhi kebutuhan fasilitas olahraga yang belum terpenuhi. Tanggapan terhadap keluhan dan aksesibilitas sistem pengaduan juga menjadi area yang perlu perbaikan lebih lanjut, terutama terkait dengan aksesibilitas teknologi bagi sebagian segmen masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun pelayanan telah meningkat, perhatian lebih masih diperlukan untuk memenuhi harapan penuh masyarakat, terutama dalam hal pengembangan fasilitas dan aksesibilitas pelayanan.


Keywords


Pelayanan Publik, Dinas Pemuda dan Olahraga, Indikator Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Manajemen Pengaduan

Full Text:

Untitled

References


Ahmad, Badu. 2013. ManajemenPelayananPublik. Makassar: Andi Offset

Arif, Saiful. 2010. “Reformasi Pelayanan Publik”. Averroes Press. Malang

Creswell, John W. 2014. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif Dan Campuran Ed.4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dwiyanto, Agus. 2006. “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik”. Yogyakarta; Gadjah Mada University Press.

Hardiyansyah.2011 “Kualitas Pelayanan Publik”, Yogyakarta; Gava Media

Herdini, Fega & Widyaarta, Agus. 2020. Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan pelanggan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Nganjuk. Public Administration of research.

Kristiyanto, Agus 2012. Pembangunan olahraga untuk kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa, Surakarta: Yuma pustaka. Manusia dan olahraga.Bandung: FPOK IKIP Bandung

Moenir. 1992. “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia”. Jakarta; Bumi Aksara

Profil Dinas Pemuda Olahraga Budaya Dan Pariwisata Kabupaten Sampang https://sampangkab.go.id/gambaran-umum/ Di akses tanggal 10 Juni 2022

Ratminto & Atik Septi Winarsih.2005, ”Manajemen Pelayanan”, Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Ramadhani Riski, (2021), Responsivitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan

Sipil Kabupaten Bone. Jurnal administrasi Publik. Unimuh Makassar.

Santosa, Pandji.2008, ”Administrasi Publik : Teori dan Aplikasi Good Governance”, Bandung; PT Refika Aditama

Sedarmayanti, 2004. “Good Governance”. Bandung; Mandar Maju

Sinambela, Lijan P dkk. 2006. “Reformasi Birokrasi”. Jakarta; Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono, Donny & Dra. Meirinawati, M.AP. 2016. Responsivitas Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Mohammad Soewandhie Surabaya (Studi Pada Pelayanan Rawat Inap. kajian Manajemen Pelayanan. Volume 01Nomor 01Tahun 2016, 0 -216

Tangkilisan, Hassel Nogi S, 2005. “Manajemen Publik”. Jakarta; Grasindo Jurnal

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pendayagunaan Aparatur Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 25 ayat 2 juncto pasal 70 Tentang Orsinilitas.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Bab XI Pasal 67 Ayat 1 Dan 2 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Nasional Keolahragaan




DOI: http://dx.doi.org/10.53712/aspirasi.v6i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Published by Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Madura
Jl. Raya Panglegur Km 3,5 Pamekasan
Phone: (0324) 322231
website:http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aspirasi

Email: aspirasi@uniira.ac.id 

Creative Commons License
ASPIRASI by Universitas Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.